BNN Temukan Jajanan Anak SD Mengandung Narkoba

BNN Temukan Jajanan Anak SD Mengandung Narkoba
BNN Temukan Jajanan Anak SD Mengandung Narkoba

jpnn.com - JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap meluasnya upaya sindikat pengedar narkoba, hingga ke lingkungan sekolah dasar (SD). Untuk itu, orangtua harus lebih peduli pada buah hati tercinta, agar tidak terjerat penyalahgunaan narkotika. Pasalnya, narkoba saat ini tak lagi hanya berbentuk obat semata. Namun oleh orang-orang tak bertanggung jawab dikembangkan dalam bentuk-bentuk lain, berupa jajanan di sekitar lingkungan sekolah.

“Banyak sindikat pengedar semakin cerdik mencampur bahan-bahan narkoba ke dalam jajanan-jajanan yang ada dan mengelabui anak-anak untuk mengkonsumsi. Contohnya seperti Strawberry Crack yang beredar di luar lingkungan sekolah, bercampur dengan Meth dan macam-macam permen lainnya,” ujar Penyuluh Muda Diseminasi Informasi Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), Eva Fitri Yuanita, di Jakarta, Selasa (30/9).

Meski tidak menyebut di sekitar sekolah mana ditemukan jajanan bercampur narkoba, namun temuan kata Eva perlu diantisipasi. Jangan sampai para orangtua lengah, dengan membiarkan anak-anak jajan sembarangan di luar sekolah. Karena dapat saja mengakibatkan sang buah hati tercinta terjerumus bahaya narkoba.

Selain narkoba dalam bentuk jajanan, bahaya bahan-bahan adiktif lain menurut Eva juga perlu diantisipasi. Seperti teh dan kopi. Jika berlebih, dikhawatirkan juga tidak baik bagi anak usia dini. Apalagi rokok, karena saat ini tidak sedikit anak usia SD yang mulai coba-coba merokok.

“Bahayanya tidak hanya karena merusak kesehatan, tapi rokok sering kali menjadi awal anak coba-coba ikut menyalahgunakan narkoba yang didapat dari teman-teman. Apalagi sebagai tenaga pendidik (guru) dan orangtua belum mendapat informasi yang benar mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba, tentu antisipasi tidak maksimal dilakukan,” ujarnya.

Karena itu BNN kata Eva, berusaha semaksimal mungkin memberi pemahaman terhadap para guru dan orangtua murid. Salah satunya menggelar berbagai diskusi. "Langkah ini akan terus dilanjutkan, sehingga para guru dan orangtua murid dapat memeroleh pemahaman yang baik dan dapat saling berbagi pemahaman dengan orangtua lainnya," pungkas Eva. (gir/jpnn)


JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap meluasnya upaya sindikat pengedar narkoba, hingga ke lingkungan sekolah dasar (SD). Untuk itu,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News