Penderita Payah Jantung Kian Muda

Penderita Payah Jantung Kian Muda
Penderita Payah Jantung Kian Muda

jpnn.com - antung adalah organ yang memompa darah ke paru-paru maupun ke seluruh tubuh. Apa jadinya jika kerja jantung tidak baik? Berdasar data, jumlah penderita sakit jantung laki-laki usia 30-an kian meningkat. Para istri atau kekasih harus pandai-pandai mengajak pasangannya melakukan checkup jantung.

* * *

ADA satu gangguan jantung yang membuat penderitanya mengalami keterbatasan beraktivitas. Orang awam menyebutnya sebagai payah jantung. Pada kondisi tersebut, menurut Dr dr Johanes Nugroho SpJP(K) FIHA, muncul kumpulan gejala karena jantung tidak mampu memompa darah secara memadai untuk memenuhi kebutuhan sirkulasi dan metabolisme tubuh.

Nah, deteksi dini sehat atau tidaknya jantung bisa diketahui dari sesak napas. Menurut dr Isabella Lalenoh SpJP FIHA, ada perbedaan sesak napas lantaran jantungan dengan sakit paru-paru atau yang lain. Yakni, sesak sebagai tanda payah jantung datang ketika penderita berbaring di kasur yang datar.

’’Keluhan lainnya, tidur malam terganggu, pembengkakan, nggak nafsu makan, gampang lupa, dan disorientasi,’’ ungkap perempuan berambut panjang tersebut.

Nugroho mengungkapkan, deteksi dibagi menjadi dua, yaitu secara subjektif dan objektif. Secara subjektif, penderita sendiri yang dapat merasakannya. ’’Tanda-tandanya, mudah capek dan ngos-ngosan,’’ paparnya. Selain itu, deteksi subjektif untuk payah jantung bisa diketahui dari anemia maupun psikosomatis. Artinya, ada gangguan psikis yang mengakibatkan payah jantung.

Berbeda halnya dengan deteksi objektif, deteksi itu menggunakan alat medis dan hanya bisa dilakukan di rumah sakit. ’’Ada berbagai macam pemeriksaan. Bisa menggunakan foto rontgen, MRI, CT-scan, dan echocardiografi,’’ terang staf medis kardiologi RSUD dr Soetomo Surabaya tersebut.

Sayangnya, pasien yang datang ke rumah sakit sudah mengalami derajat payah jantung yang tinggi. Menurut Nugroho, derajat menunjukkan tingkat keparahan sakit jantung yang diderita. Dia memberikan contoh, pada derajat satu, penderita bisa beraktivitas sehari-hari dan belum mempunyai keluhan. Pada derajat dua, ketika istirahat, tidak ada keluhan. Tetapi, saat beraktivitas ringan, penderita sudah mengeluh sesak napas. Pada derajat tiga, pasien menjalani aktivitas berat dan mengeluh ngos-ngosan. Pada derajat empat, saat istirahat pun, pasien mengeluh sesak napas.

antung adalah organ yang memompa darah ke paru-paru maupun ke seluruh tubuh. Apa jadinya jika kerja jantung tidak baik? Berdasar data, jumlah penderita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News