Cara Vino Jaga Kualitas Akting

Cara Vino Jaga Kualitas Akting
Vino G. Bastian. (Muhamad Ali/Jawa Pos)

jpnn.com - JAKARTA – Tahun ini tepat 10 tahun Vino G. Bastian, 32, berkarir sebagai aktor. Sudah 20 judul film dia mainkan. Semuanya memerankan karakter yang berbeda. Mulai peran cowok tampan yang romantis, anakpunk, pecandu narkoba, bandit, penjahit, hingga tokoh nyata.

Saat berkunjung ke Graha Pena Jakarta Senin (29/9), ayah satu anak itu mengatakan bahwa dirinya bukan tipe pemilih peran. Meski memiliki karakter impian, tidak lantas yang dia terima adalah peran yang diinginkan saja. Pertimbangan utamanya dalam menerima tawaran film adalah cerita yang menarik.

’’Memilih karakter dalam film itu seperti nyari pacar. Belum tentu cocok sekali ketemu. Bener itu. Kalau emang jodoh, nggak akan ke mana,” tutur pemeran Djamin Gintings di film 3 Nafas Likas tersebut. Lebih lanjut, dia mengatakan, kalau karakternya menantang, dirinya pasti tertarik.

Semakin sulit karakter yang ditawarkan sutradara, semakin besar keinginan untuk bisa memainkannya. Tapi, sesekali dia memilih peran yang gampang alias standar. ’’Kadang kita butuh untuk refreshing. Kalau main film dan karakter yang berat terus, nanti penonton jadi bosen,” ujarnya.

Meski begitu, Vino tidak serakah menerima semua tawaran film. Dia pantang mengambil dua film dalam satu waktu yang hampir bersamaan. Jika baru selesai syuting dan dua hari kemudian langsung syuting film baru lagi, dia menolak.

Suami Marsha Timothy itu mengatakan memerlukan waktu untuk melepas karakter di film yang dirinya mainkan sebelumnya. Setelah karakter tersebut lepas, baru dia melanjutkan ke film lain. Memang tidak perlu waktu lama. Liburan dua minggu cukup untuk membuatnya normal kembali.

’’Setahun dua film itu udah bagus. Saya butuh waktu biar bisa kembali ke nol. Soalnya kadang suka kebawa,” tuturnya. Misalnya, selesai syuting 3 Nafas Likas, dia masih sering terbawa dengan perannya sebagai Djamin Gintings. Di film itu dia harus memakai gigi palsu. Selama syuting dia tidak pernah melepas gigi palsunya.

Setelah syuting dan gigi palsunya dilepas, dia merasa agak mengganjal di bibirnya. Istrinya sering bertanya kenapa dia terlihat sedikit aneh. Ketika berbicara dengan siapa pun, kadang-kadang dia menggunakan bahasa baku karena terbawa karakter Djamin Gintings. ’’Istri saya tanya, kamu kenapa kok aneh? Nggak tau nih, bibir saya rasanya nggak bisa balik. Agak dower. Jadi, saya giniin terus,” ujar Vino sambil menggigiti bibir bawahnya. (yas/c7/jan)


JAKARTA – Tahun ini tepat 10 tahun Vino G. Bastian, 32, berkarir sebagai aktor. Sudah 20 judul film dia mainkan. Semuanya memerankan karakter


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News