Brasil Borong Rumput Laut Rp 36 Miliar

Brasil Borong Rumput Laut Rp 36 Miliar
Brasil Borong Rumput Laut Rp 36 Miliar

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perdagangan berhasil memfasilitasi perusahaan-perusahaan Brasil (Amerika Selatan) dalam program misi pembelian langsung ke Indonesia. Setidaknya ada satu perusahaan Brasil yang berkomitmen membeli rumput laut olahan senilai USD 3 juta (Rp 36 miliar).

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Nus Nuzulia Ishak mengatakan, awalnya ada dua perusahaan Indonesia yang rumput laut olahan berupa Chip ke delegasi Brasil Dua perusahaan tersebut dalah PT Brasindo Gum dan PT Gumindo Perkasa Industri.

"Lalu ada perusahaan Brasil yang tertarik melakukan pembelian yaitu Indobras Representacao Comercial dengan nilai transaksi USD 3 juta," ujarnya kemarin (30/9).

Nus mengatakan, dengan adanya misi pembelian langsung ke sentra produksi tersebut pihaknya optimis ekspor rumput laut dan turunannya ke negeri Samba tersebut dapat meningkat.

"Catatan saja, kebutuhan tepung karaginan yang berasal dari rumput laut di Brasil mencapai 2.100 ton pertahun. Mayoritas disuplai dari Tiongkok dan Filipina. Sementara dari Indonesia masih di bawah 1 persen," terangnya.

Kerjasama pembelian ini sangat penting bagi Indonesia untuk menaikkan nilai ekspor ke kawasan Amerika Selatan. Pasalnya, Brasil merupakan salah satu pasar ekspor prospektif Indonesia di kawasan Amerika Selatan yang bisa menjadi salah satu negara tujuan alternatif ditengah melemahnya ekspor ke negera tujuan utama.

"Target ekspor Indonesia ke Brasil diharapkan tumbuh 4-5 persen atau senilai USD 1,57-1,59 miliar," sebutnya.

Sebagai negara dengan potensi bahari yang melimpah, rumput laut merupakan salah satu potensi sumber daya kelautan yang sangat besar dan dapat menjadi komoditas unggulan ekspor Indonesia. Olahan rumput laut juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan industri makanan, farmasi, kosmetik, dan lain-lain.

JAKARTA - Kementerian Perdagangan berhasil memfasilitasi perusahaan-perusahaan Brasil (Amerika Selatan) dalam program misi pembelian langsung ke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News