Pembangunan Rumah PNS di Salatiga jadi Pilot Project

Pembangunan Rumah PNS di Salatiga jadi Pilot Project
Pembangunan Rumah PNS di Salatiga jadi Pilot Project

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sangat mendukung program pembangunan 745 rumah bagi para PNS di Kota Salatiga. Pembangunan rumah PNS tersebut diharapkan dapat menjadi pilot project bagi daerah lainnya di Indonesia.

"Kemenpera sangat mendukung program pembangunan rumah bagi para PNS di Kota Salatiga. Kami harap program ini bisa menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lain di Indonesia yang ingin membangun rumah bagi para PNS,” ujar Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat (Sesmenpera) Rildho Ananda Anwar dalam siaran pers yang diterima JPNN, Rabu (1/10).

Dikatakannya, kebutuhan rumah untuk masyarakat termasuk para PNS setiap tahunnya meningkat. Selain itu, tidak semua PNS memiliki kemampuan membeli rumah layak huni karena gaji yang diperolehnya tidak terlalu besar tergantung golongan dan masa kerjanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenpera ke depan juga mendorong kesadaran dan peran aktif pemerintah daerah setempat untuk membantu para PNS-nya agar memiliki rumah yang layak huni.

Sementara itu, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, perumahan PNS Pemkot Salatiga dibangun di dua wilayah yakni di Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti dan Kelurahan Randuacir Kecamatan Argomulyo seluas 7,9 hektar. Ukuran rumah PNS yang dibangun adalah tipe 36 dengan luas tanah 72 meter persegi.

Pembangunan rumah tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Salatiga dalam meningkatkan kesejahteraan PNS terutama untuk pegawai golongan II dan III yang belum memiliki rumah sendiri. Sedangkan untuk memiliki rumah tersebut, para  PNS diharapkan mengajukan kredit rumah yang akan dikoordinir oleh pihak BKD setempat.

“Saya berharap para PNS yang mendapatkan rumah di dua lokasi ini bisa meningkatkan kinerjanya dan semakin bersemangat dalam bekerja serta bertambah rajin dalam mengabdi kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, Pemkot Salatiga juga berupaya menambah jumlah perumahan untuk para PNS yang belum mendapatkan rumah pada tahap pembangunan pertama ini. Setidaknya ada dua daerah lain yang akan dipersiapkan untuk lokasi pembangunan rumah PNS yakni di Kecamatan Sidorejo dan di Kecamatan Tingkir. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) sangat mendukung program pembangunan 745 rumah bagi para PNS di Kota Salatiga. Pembangunan rumah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News