Sapi Qurban Tak Layak Dijual Bebas

Sapi Qurban Tak Layak Dijual Bebas
Sapi Qurban Tak Layak Dijual Bebas

jpnn.com - GORONTALO - Jelang Hari Raya Idul Adha pedagang sapi qurban mulai menjamur di Gorontalo. Beberapa lokasi di Kecamatan Dungingi menjadi tempat favorite dari para pedagangan sapi. Akan tetapi, sejumlah pedagang sapi belum memperhatikan kelayakan sapi yang diperjualbelikan bebas. Bahkan ada sapi yang umurnya belum cukup 1 tahun sudah dijual. 

Hal ini ditemukan  oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kelautan Kota Gorontalo saat melakukan razia di lokasi penjualan sapi kurban Rabu (1/10). Petugas mendapati ada satu 
sapi yang belum cukup umur untuk dikurbankan, sehingga sapi tersebut dilarang oleh petugas untuk dijual kepada warga. 

Selain itu, petugas juga memeriksa syarat-syarat hewan yang bisa disembelih, mulai dari umur Sapi, kesehatan, Berat, serta kelayakkan lainnya. Setelah didapati oleh petugas, para pedagang Sapi mengaku bahwa mereka belum mengetahui adanya aturan tersebut. "Sapi-sapi yang kami jual ini, hanya dari kandang langsung, kami tidak tahu umur mereka," kata Samat Aneta salah satu pedagang Sapi. 

Sementara itu, Kadis Peternakan Perikanan dan Kelautan Kota Gorontalo, Rustam Rahman, mengatakan bahwa, pihaknya sudah dua hari turun untuk memeriksa keadaan hewan Qurban yang berada di Kota Gorontalo. "Tadi kita dapatkan ada yang belum cukup umur, dan kita sudah memberikan teguran kepada pedagang Sapi tersebut," pungkasnya. (wan)


GORONTALO - Jelang Hari Raya Idul Adha pedagang sapi qurban mulai menjamur di Gorontalo. Beberapa lokasi di Kecamatan Dungingi menjadi tempat favorite


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News