Sering Kecolongan, Direktur Secret Service Mundur

Sering Kecolongan, Direktur Secret Service Mundur
Julia Pierson saat dilantik sebagai Direktur Secret Service di depan Presiden Barack Obama dan wakilnya, Joe Biden. Foto: complex.com

jpnn.com - WASHINGTON - Direktur Secret Service Amerika Serikat (AS) Julia Pierson mengundurkan diri Rabu (1/10). Perempuan yang baru menjabat selama 18 bulan itu terpaksa berhenti setelah mendapat banyak desakan dari berbagai pihak, terutama anggota parlemen.

Bukan tanpa alasan desakan Pierson untuk mundur terus bergulir. Penyebabnya, kesatuan yang bertugas khusus untuk melindungi Presiden AS Barack Obama tersebut dinilai berkali-kali kecolongan. Salah satunya adalah insiden yang terjadi 19 September lalu.

Seorang veteran perang Iraq berhasil melompati pagar dan masuk ke halaman Gedung Putih. Pria yang bernama Omar Gonzalez, 42, tersebut kemudian masuk ke mansion North Portico. Dia akhirnya dapat ditangkap penjaga keamanan yang sedang tidak bertugas. Gonzales diketahui membawa pisau 3,5 inci.

Perempuan pertama yang menjabat direktur secret service tersebut saat itu juga meminta keamanan di Gedung Putih ditingkatkan. Namun, hal tersebut tidak membuat kasus itu menguap begitu saja. Sebab, pada hari berikutnya, terjadi skandal yang kedua. Kevin Carr, 19, berusaha menerobos barikade penjaga keamanan Gedung Putih dengan mobil yang dikendarainya.

Dua kejadian tersebut mungkin belum seberapa jika dibandingkan dengan awal bulan lalu saat Obama mengunjungi Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit di Atlanta. Obama berada satu lift dengan seorang petugas keamanan bangunan yang bersenjata. Petugas tersebut memiliki catatan kriminal, tetapi security service membiarkan orang itu memasuki lift yang sama dengan Obama. Pria bersenjata tersebut bahkan mengambil foto dan video Obama saat itu.

Dalam pertemuan Selasa (30/9) dengan parlemen, Pierson menyatakan bertanggung jawab penuh atas insiden keamanan kepresidenan tersebut. Hari berikutnya dalam pertemuan dengan Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, Pierson menawarkan diri untuk mundur. Tawaran tersebut langsung diterima saat itu juga.

"Joseph Clancy, mantan agen khusus di Divisi Perlindungan Kepresidenan Secret Service, ditunjuk menjadi direktur sementara," ujar Johnson terkait dengan pengganti Pierson. Dia juga menyatakan akan mengevaluasi lagi metode perlindungan dan keamanan di secret service.(Reuters/AFP/CNN/sha/c23/ami)

WASHINGTON - Direktur Secret Service Amerika Serikat (AS) Julia Pierson mengundurkan diri Rabu (1/10). Perempuan yang baru menjabat selama 18 bulan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News