Pasar Properti Mulai Oversupply

Pasar Properti Mulai Oversupply
Pasar Properti Mulai Oversupply

JAKARTA - Pengembangan properti di beberapa kota besar mulai jenuh lantaran terjadi kelebihan pasokan (oversupply). Karena itu, pengembang harus lebih cermat menghitung antara biaya konstruksi dengan pengembalian investasi (return of investment). 

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda menyatakan, pergerakan bisnis properti di beberapa wilayah perlu diwaspadai lantaran berpotensi terjadi suplai yang berlebihan. ''Ini market warning karena ada ancaman oversupply di masa mendatang. Pengamatan kami, mulai terjadi perlambatan pasar properti pada 2014,'' ujarnya kemarin (3/10).

Dia mencontohkan, di Jakarta pengembangan trade center mulai jenuh karena terlalu banyak dibangun di setiap sudut kota. Demikian juga, pengembangan apartemen mewah mulai jenuh. Meski begitu, tidak semua lokasi jenuh. Sebab, beberapa wilayah justru potensial untuk pengembangan apartemen menengah. ''Potensi apartemen menengah masih terbuka di beberapa lokasi non-CBD (central business distric),'' tandasnya.

Untuk Bandung, terlihat ada kejenuhan pengembangan hotel bujet. Tetapi, pengembangan kondotel masih potensial. Demikian juga, pengembangan hotel bujet di Jogjakarta mulai jenuh. Untuk Surabaya, pengembangan semua jenis properti masih potensial. Walau begitu, pengembangan apartemen dan gedung perkantoran paling disarankan seiring dengan tumbuhnya aktivitas bisnis di Kota Pahlawan itu. ''Apartemen dan perkantoran berpotensi bangkit,'' ungkapnya.

JAKARTA - Pengembangan properti di beberapa kota besar mulai jenuh lantaran terjadi kelebihan pasokan (oversupply). Karena itu, pengembang harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News