SBY: Saya Percaya KMP

SBY: Saya Percaya KMP
SBY: Saya Percaya KMP

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap sudah terjadi kesepakatan tertulis dari Koalisi Merah Putih (KMP) untuk mendukung Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung. 

Melalui kicauannya di @SBYudhoyono yang ditweets Senin (6/10) siang, SBY optimis DPR komit menyetujui Perppu yang sempat diragukan akan lolos di DPR. "Untuk menjawab keraguan, saya sampaikan beberapa hal yang terjadi menjelang penandatanganan Perppu," tulis SBY.

Dikisahkan presiden, Selasa (30/9) malam (di tweets tertulis Kamis, 30 September 2014 malam), dia jumpa dengan Hatta Rajasa yang membawa pesan dan harapan dari pimpinan partai yang tergabung dalam KMP. "Meski Demokrat bukan bagian dari KMP, mereka ingin kebersamaan di DPR dan MPR. Ajakan itu saya respon positif dengan satu catatan," tulis SBY.

Partai Demokrat, lanjut tweets SBY, bersedia bersama-sama di DPR dan MPR jika KMP mendukung Perppu Pilkada Langsung dengan Perbaikan yang (saat itu) akan diterbitkan. "Pak Hatta langsung sampaikan pesan saya dalam rapat pimpinan KMP. Malam itu juga mereka setuju untuk dukung Perppu," tandas SBY.

"Hari berikutnya, 1 Oktober 2014, pembicaraan dengan KMP berlanjut. Saya ingin ada persetujuan hitam di atas putih untuk dukung Perppu," imbuh SBY.

Berhubung Ketum Partai Golkar sedang berada di luar negeri, meskipun sudah setuju, SBY menelpon langsung agar terjadi kebulatan. "Sekitar pukul 20.00, saya terima lembar kesepakatan untuk (1) Kebersamaan di DPR & MPR; (2) Dukung Perpu Pilkada Langsung dengan perbaikan. Kesepakatan itu ditandatangani semua Ketum dan Sekjen, mulai dari PG, P Gerindra, PAN, PKS, PPP dan juga PD. Khusus PPP hanya Ketum," tulis SBY.

Mungkinkah kesepakatan dilanggar? Menurut SBY, politik memang dinamis, tetapi tetap ada etikanya. “Saya percaya KMP,” tegas SBY.

SBY juga mengakui, ada kekhawatiran jika justru PDIP yang tolak Perppu itu. "Mestinya tidak, justru PDIP inginkan Pilkada langsung, bukan Pilkada DPRD. Saya optimis, langkah-langkah tadi dan adanya komitmen DPR bagi bangsa, membuat Perppu ini akan disetujui," pangkas SBY. (adk/jpnn)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap sudah terjadi kesepakatan tertulis dari Koalisi Merah Putih (KMP) untuk mendukung Peraturan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News