Buru 19 Tahanan Kabur, Bandara dan Pelabuhan Diperketat

Buru 19 Tahanan Kabur, Bandara dan Pelabuhan Diperketat
Buru 19 Tahanan Kabur, Bandara dan Pelabuhan Diperketat

jpnn.com - SENTANI - Peristiwa kaburnya 19 narapidana (Napi) kasus narkoba dari Lapas Narkotika Doyo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (5/10) dini hari lalu menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan Polda Papua juga berkomitmen untuk membantu melakukan pengejaran terhadap para Napi yang kabur itu.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Narkotika Doyo, Tingkos Sitanggang mengungkapkan bahwa saat ini pencarian terhadap 19 napi yang kabur langsung ditangani Polda Papua yang dibantu oleh Polres jajaran bersama petugas Lapas.

"Polda Papua telah membentuk tim. Kami dari petugas Lapas masuk di dalam tim mereka. Polda harus menanganinya karena ini masalah besar. Bandara dan pelabuhan sudah kami tutup," ungkapnya kepada Cenderawasih Pos (Grup JPNN), Senin (6/10).

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Papua, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan bahwa pihaknya akan bertindak cepat dalam rangka menangkap kembali 19 narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan di Doyo, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Minggu (5/10) dini hari lalu.

Pihaknya telah mengoordinasikan kejadian ini ke tiga Polres jajaran, yaitu Polres Jayapura, Polres Jayapura Kota, dan Polres Keerom untuk mengantisipasi akses kaburnya 19 narapidana tersebut. 

Selain itu, Tim Khusus (Timsus) juga akan dibentuk untuk memfokuskan upaya pencarian dan penangkapan kembali sehingga bisa diselesaikan secara cepat.
 "Lapas dan Kemenkumham Papua sudah melakukan koordinasi dengan kami sehingga beberapa hal ada yang perlu digarisbawahi, terutama adalah secara organisasi kita juga dari kepolisian harus melihat mengapa para terpidana itu bisa lari dari Lapas Doyo. Kedua adalah motif mereka lari, apakah ada jaringan tertentu yang mengiming-imingi mereka agar segera keluar," jelas Kabidhumas.

Kabidhumas menjelaskan bahwa modus yang mereka lakukan harus dipelajari sehingga tidak terulang kembali, karena di dalam Lapas Doyo masih ada banyak tahanan lain. Dengan adanya permintaan untuk membantu pencarian dan penangkapan para narapidana ini, maka pihaknya akan mengerahkan semua daya dengan maksimal, baik dari Polda maupun Polres jajaran.

"Semua tempat yang memungkinkan para narapidana lari akan dicari. Kita akan menutup semua pintu baik darat, laut, maupun udara, bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada, baik itu bandara, pihak penerbangan, maupun petugas perbatasan agar tidak lari ke PNG atau ke tempat lain dengan menggunakan transportasi yang ada," tegasnya.

SENTANI - Peristiwa kaburnya 19 narapidana (Napi) kasus narkoba dari Lapas Narkotika Doyo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (5/10) dini hari lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News