Tes CPNS Ditarget Akhir Oktober

Tes CPNS Ditarget Akhir Oktober
Tes CPNS Ditarget Akhir Oktober

jpnn.com - SERANG - Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Banten terus mempersiapkan perangkat untuk pelaksanaan tes CPNS 2014, dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Agar memenuhi standar yang ditentukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), BKD menyiapkan komputer yang spesisifikasinya sesuai yang telah ditentukan.
    
Menurut Kepala BKD Banten, Kurdi Matin, usai pendaftaran ditutup 12 Oktober mendatang, perangkat langsung disiapkan di Pendopo lama gubernur. Pihaknya menargetkan akhir bulan ini sudah bisa digelar tes CPNS.

“Target kami akhir Oktober ini sudah bisa digelar tes CPNS,” kata Kurdi saat dihubungi Radar Banten, kemarin.
    
Ditambahkan Kurdi, agar verifikasi perangkat yang dilakukan Panselnas berjalan lancar, pihaknya akan menyediakan infrastruktur yang sesuai standar. Ada beberapa spesifikasi infrastruktur yang harus dipenuhi. Tanpa kelengkapan infrastruktur itu, seleksi CPNS dengan metode CAT tidak bisa dilaksanakan.

Spesifikasi minimal komputer dengan sistem CAT adalah komputer dengan processor intel Core 2 Duo, dengan memori 2GB dan HD 250GB. Kemudian komputer itu tersedia DVDRW, dilengkapi dengan keyboard, mouse optic PS 2, layar dengan resolusi minimal 1024 x 768 pixel, kartu network 100 mbps dan wifi.
    
Selain itu kata Kurdi, komputer yang dipakai juga terdapat browser Google Chrome disertai antivirus terbaru. Jaringan lokal (local networking) yang dibutuhkan menggunakan hub/switch dan router.

Untuk Wi-Fi disesuaikan menurut standar pabrikan industri dengan jumlah client (min 1/100). “Infrastruktur lain berupa genset/UPS untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik.

Kemudian, menyediakan LCD TV untuk monitoring hasil tes berikut kabel data untuk menghubungkan ke komputer,” katanya. “Perlengkapan terakhir adalah infocus projector untuk pemaparan dan pengarahan tes dengan sisetm CAT,” sambung Kurdi.
    
Hingga kemarin, BKD sudah menyediakan generator set listrik elektrik (genset) sebanyak dua buah dengan kapasitas 250 KPA atau setara dengan 250 ribu watt untuk mengantisipasi mati lampu. “Kami juga sudah koordinasi dengan PLN untuk ketersediaan listrik selama pelaksanaan tes,” jelasnya.
    
Adapun penyediaan 150 komputer, Kurdi mengaku pihaknya akan langsung menyiapkan pada 12 Oktober. “Lokasi tes CPNS saat ini dipakai pameran seni rupa hingga 11 Oktober, jadi kami harus menunggu hingga pameran selesai,” ungkapnya.
    
Selain itu, lanjut Kurdi, selama tes berlangsung pihaknya akan menyiapkan sedikitnya 10 orang teknisi yang akan terus standby di lokasi, untuk menjaga agar komputer yang dipakai tes tidak error dan ngadat.

“Kami juga akan menyiapkan 10 komputer cadangan sebagai antisipasi jika ada komputer yang ngadat dan trouble,” jelasnya.
    
Terpisah, Kepala BKD Cilegon Mahmudin mengatakan, penyediaan perangkat tes CPNS di Kota Cilegon juga mengacu pada standar Panselnas.

“Selain bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), kami juga menyiapkan perangkat sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan. Tentunya dengan terus melakukan koordinasi dengan BKD Benten,” kata Mahmudin. (mg12/run)


SERANG - Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Banten terus mempersiapkan perangkat untuk pelaksanaan tes CPNS 2014, dengan sistem Computer Assisted Test


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News