Zulkifli Hasan Bisa Ubah Peta Pilkada Lamsel 2015

Zulkifli Hasan Bisa Ubah Peta Pilkada Lamsel 2015
Zulkifli Hasan Bisa Ubah Peta Pilkada Lamsel 2015

jpnn.com - KALIANDA – Sejumlah kalangan di Kabupaten Lampung Selatan menilai terpilihnya Zulkifli Hasan, menjadi Ketua MPR-RI bakal mengubah peta politik pada Pilkada Lamsel 2015.

Apapun pola pemilihan kepala daerah itu, baik langsung atau dipilih DPRD, Zulkifli Hasan yang merupakan putera asal Desa Pisang, Kecamatan Penengahan itu secara langsung atau tidak bakal mempengaruhi pesta demokrasi di kabupaten ini.

“Secara eksplisit tidak ada kaitannya. Tetapi secara implisit bisa jadi,” kata Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Kalianda Elik Murtopo, seperti dilansir dari Radar Lampung (Grup JPNN), Rabu (8/10).

Menurut Elik, ketokohan Zulkifli memang sudah terbukti. Ditambah lagi kini H. Zulkifli Hasan menjadi Ketua MPR-RI periode 2014-2019, tentu akan semakin kuat.

“Hal itu yang akan membuka kemungkinan pengaruhnya semakin dirasakan di Lamsel secara politis. Tetapi pengaruh itu dalam kapasitas tokoh politik, bukan sebagai Ketua MPR-RI,” kata Elik.

Saat menjabat sebagai Menteri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan memang cukup mempengaruhi pesta demokrasi di Lamsel tahun 2010 lalu yang mendukung pasangan H. Zainuddin Hasan-Ikang Fawzi. 

Namun kala itu, Zainuddin Hasan yang merupakan adik Zulkifli bertengger pada peringkat ketiga setelah Rycko Menoza dan Wendy Melfa. "Iya, kira-kira begitu. Saat menjabat Menteri saja secara politis berpengaruh di pilkada Lamsel 2010 lalu. Apalagi ini menjabat Ketua MPR, dan Zainudin Hasan kemungkinan akan maju pilkada lagi,” tandasnya. 

Belakangan, Zainuddin Hasan telah mengutarakan niatnya untuk kembali maju menjadi calon bupati pada pilkada 2015 mendatang. Namun, Zainuddin mengaku masih menunggu aturan main mengenai pilkada. (edw/rnn/gus)


KALIANDA – Sejumlah kalangan di Kabupaten Lampung Selatan menilai terpilihnya Zulkifli Hasan, menjadi Ketua MPR-RI bakal mengubah peta politik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News