Minta Perlindungan, Darso Cium Kaki Sultan

Minta Perlindungan, Darso Cium Kaki Sultan
Minta Perlindungan, Darso Cium Kaki Sultan

jpnn.com - JOGJA – Darso Wiyono alias Sudarsono, 64, abdi dalem Bregada Surakarsa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikriminalisasi dengan sangkaan penipuan sertifikat tanah, akhirnya mengadu ke Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rabu (8/10). Prajurit keraton yang berpangkat Mas Bekel Sastro Mangun Darsono itu merangkak dan bersimpuh di kaki HB X, usai rapat paripurna pelantikan pimpinan dewan.

Darso meminta perlindungan Sultan HB X atas kriminalisasi yang ia alami di Polres Sleman. Darso mengungkapkan, setelah dirinya kehilangan sertifikat tanah SHM bernomor 6.491 seluas 322 meter persegi dan SHM Nomor 6485 seluas 1.745 meter persegi dari atas motornya 28 Agustus 2012, berbagai masalah hukum mulai banyak ia terima. Mulai dari gugatan perdata di Pengadilan Negeri Surakarta sampai yang terakhir adalah tersangka perkara penipuan atas sertifikat tanah SHM 6491 seluas 322 meter persegi.

Sedangkan pelapor kasus penipuan itu adalah Enny Indah Royani yang merupakan istri pejabat di Polda DIJ. ”Sehubungan dengan itu, kami mohon perlindungan Ngarso Dalem (Sultan HB, red),” tutur Darso yang datang ke kantor dewan bersama kerabat dan Jogja Police Wacth (JPW).

Sebelum bertemu HB X, Darso sempat menunggu di lobi kantor dewan. Ia datang dengan mengenakan pakaian abdi dalem lengkap dengan peranakan surjan dan atribut pin lambang abdi dalem di dada sebelah kanan.

Tanpa alas kaki, kehadiran Darso cukup menarik perhatian staf Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD DIJ dan beberapa petugas keamanan. Bahkan, beberapa pejabat anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) ikut menemui Darso.

Setelah sekitar lebih satu jam Darso menanti, Sultan HB X keluar dari ruang transit. Darso pun memberi tanda bersungkem. Ia lantas membung-kukkan badan.

Ketika mengetahui ada abdi dalemnya, HB X langsung menanyakan persoa-lan yang menimpa Sudarsono. ”Ono opo, Pak?” tanyanya.

Mendengar sambutan sang raja, Mas Bekel Sastro Mangun Darsono lantas berjalan merangkak mendekati kakinya. Ia pun menyentuh kaki dan sempat beberapa kali mencium kaki HB X.

JOGJA – Darso Wiyono alias Sudarsono, 64, abdi dalem Bregada Surakarsa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikriminalisasi dengan sangkaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News