Incar Posisi Ketum Golkar, Airlangga Galang Dukungan di Jabar

Sodorkan Konsep Tri Aji untuk Gantikan Aburizal Bakrie

Incar Posisi Ketum Golkar, Airlangga Galang Dukungan di Jabar
Incar Posisi Ketum Golkar, Airlangga Galang Dukungan di Jabar

jpnn.com - BANDUNG - Para calon Ketua Umum Golkar makin rajin menggalang dukungan dari pengurus partai berlambang beringin itu di tingkat daerah. Selain Priyo Budi Santoso dan MS Hidayat, ada nama Airlangga Hartarto yang juga makin sering mendekati Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Setelah bulan lalu menggelar pertemuan dengan pengurus DPD II Golkar dari kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Airlangga hari ini (12/10) mengadakan acara serupa di Bandung, Jawa Barat. Ia menggelar silaturahmi dengan 27 pengurus DPD II Golkar di Jabar.

Dalam kesempatan itu Airlangga memaparkan visi dan misinya jika kelak memimin Golkar. Ia menyodorkan konsep  tiga nilai utama atau “Tri Aji”  Partai Golkar. “Golkar ke depan haruslah Golkar yang lebih kuat, progresif dan aspiratif,” katanya.

Dalam mewujudkan Tri Aji itu,  Airlangga menyodorkan tiga cara. Pertama adalah melakukan desentralisasi sebagian kewenangan DPP kepada DPD I dan DPD II. Dengan demikian, peran DPD I dan DPD II bisa lebih besar dirasakan manfaatnya oleh kader-kader di setiap lapisan.

Yang kedua, sebut Airlangga, harus ada optimalisasi fungsi partai sebagai penyerap, penyalur dan pemberi solusi terhadap segala persoalan masyarakat di tingkat akar rumput. “Sehingga Golkar benar-benar menjadi rumah aspirasi yang dipercaya masyarakat luas,” tandasnya.

Cara ketiga yang disodorkan Airlangga adalah kaderisasi, regenerasi dan memberikan ruang politik yang luas bagi peran kaum wanita dalam kancah politik lokal maupun nasional. Ia yakin visi dan misinya itu akan menjadikan partai yang kini dipimpin Aburizal Bakrie itu bakal semakin kuat dan aspiratif. “Yang pada akhirnya secara nyata mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di negara kita," kata salah satu Ketua DPP Golkar itu.

Sedangkan Sekretaris DPD I Golkar Jabar, Muhammad Qodrat Iswara mengatakan, partainya butuh figur muda untuk menjadi ketua umum. Iswara pun menyebut Airlangga sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Golkar. “Dia masih muda, tapi punya kemampuan memimpin yang tidak diragukan lagi," kata Iswara.

Selain itu Iswara juga berharap Airlangga menjadikan Jabar sebagai wilayah penting untuk melangkah menjadi Ketua Umum Golkar. Terlebih, kata Iswara, Airlangga juga lolos ke DPR RI karena maju dari Jawa Barat.

BANDUNG - Para calon Ketua Umum Golkar makin rajin menggalang dukungan dari pengurus partai berlambang beringin itu di tingkat daerah. Selain Priyo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News