Dahlan tak Ingin Hambat Tukar Guling Saham Telkom

Dahlan tak Ingin Hambat Tukar Guling Saham Telkom
Menteri BUMN Dahlan Iskan. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan enggan mencampuri langkah PT Telkom Indonesia Tbk yang memonetisasi anak usahanya, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) melalui pola 'share swap' atau tukar guling saham dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Ia menilai langkah tersebut merupakan aksi korporasi, sehingga tidak perlu dicampuri.

"Terserah, itu bagian dari aksi korporasi. Saya tidak pernah menghambat aksi korporasi, silakan saja," kata Dahlan usai menghadiri acara syukuran sekaligus launching logo Jiwasraya di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Senin (13/10) malam.

Mantan Dirut PLN ini juga yakin dalam setiap aksi korporasinya, Telkom sudah melalui kajian mendalam, karena dilakukan untuk menjadikan perusahaan lebih besar. Bahkan, Dahlan juga sudah menanyakan langkah tersebut pada direksi.

"Saya sudah menanyakan langsung komisaris utama dan direksi Telkom bahwa langkah yang mereka lakukan itu baik bagi perusahaan. Jadi saya tidak boleh menghambat aksi korporasi itu. Bagi saya, itu harus didukung," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Jumat (10/10) lalu Telkom dan Tower Bersama menandatangani perjanjian yang akan menukar 100 persen sahamnya di Mitratel dengan 13,7 persen saham TBIG, yang berasal dari penerbitan saham baru.

Kesepakatan tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, Telkom akan menukarkan 49 persen kepemilikannya di Mitratel dengan 290 juta lembar saham baru TBIG. Tahap kedua, Telkom memiliki opsi untuk menukarkan 51 persen sisa kepemilikan Telkom di Mitratel dalam jangka waktu dua tahun dengan tambahan 472,5 juta saham baru TBIG.

Selain kepemilikan saham di TBIG, Telkom akan menerima tambahan pembayaran kas sampai maksimum sebesar Rp 1,74 triliun, apabila Mitratel dapat mencapai persyaratan tertentu yang telah disetujui. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan enggan mencampuri langkah PT Telkom Indonesia Tbk yang memonetisasi anak usahanya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News