Irlandia Utara Buka Peluang Menuju Prancis

Irlandia Utara Buka Peluang Menuju Prancis
Irlandia Utara Buka Peluang Menuju Prancis

jpnn.com - PIRAEUS - Sepanjang sejarah Euro sejak 1960, Irlandia Utara tidak pernah sekalipun mencicipi turnamen sepak bola antar negara-negara Eropa tersebut. Namun, musim ini sejarah baru bisa tercipta. Irlandia Utara berpeluang lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis.   

Irlandia Utara untuk sementara memuncaki klasemen grup F dengan menyapu bersih tiga kemenangan. Kemarin (15/10), pasukan Michael O'Neill membekap juara 2004 Yunani dengan skor 2-0 di kandang lawan, Karaiskakis Stadium, Piraeus. Kemenangan ini sangat heroik. Sebab, itulah victory pertama Irlandia Utara atas Yunani sejak Oktober 1961.

Irlandia Utara membuka keunggulan pada menit kesembilan  melalui aksi striker Derby County Jamie Ward. Tertinggal satu gol, Yunani gagal bangkit. Irlandia Utara justru menggandakan kemenangan melalui penyerang Norwich City Kyle Lafferty pada menit ke-51.

Hasil itu melanjutkan episode positif dalam dua pertandingan sebelumnya. Yakni, ketika Green and White Army -- julukan Irlandia Utara -- membekap tuan rumah Hungaria 2-1 dan menundukkan Kepulauan Faroe 2-0.

"Saya sungguh gembira. Sangat membanggakan kami bisa mencapai statistik menang tiga kali dalam tiga pertandingan. Pemain bekerja keras dan percaya pada kemampuan sendiri. Saya kira pemain kami dahsyat sekali malam ini," ucap pelatih Irlandia Utara Michael O'Neill kepada BBC.

"Lafferty fantastis dalam tiga laga terakhir. Fisiknya, tekniknya, kecepatannya. Ketika dia berhadapan dengan defender-defnder lawan, dia sama sekali tidak takut," imbuhnya.

Pada 14 November mendatang Irlandia Utara akan menjalani partai berat. Yakni, melawat ke Arena Na?ional?, Bucharest, untuk menantang tuan rumah Rumania. Ciprian Marica dkk untuk sementara menguntit Irlandia Utara di posisi kedua dengan tujuh poin.

"Kami kesal sekali dengan kekalahan ini. Namun, jalan masih sangat panjang. Masih ada 21 poin yang bisa kami raih. Syaratnya, jangan lagi ada kekalahan seperti ini," ucap Claudio Ranieri, pelatih Yunani, seperti dilansir situs resmi UEFA.(nur/ca)

PIRAEUS - Sepanjang sejarah Euro sejak 1960, Irlandia Utara tidak pernah sekalipun mencicipi turnamen sepak bola antar negara-negara Eropa tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News