Lorenzo Terjatuh tapi Tetap Tercepat

Latihan Bebas GP Australia

Lorenzo Terjatuh tapi Tetap Tercepat
Jorge Lorenzo. Foto: MotoGP

jpnn.com - PHILLIP ISLAND – Jorge Lorenzo berhasil mengakhiri hari pertama Grand Prix Australia di sirkuit Phillip Island dengan membukukan catatan waktu tercepat. Pembalap dari tim Movistar Yamaha itu menorehkan waktu 1 menit 29,602 detik di latihan bebas kedua (FP2), unggul 0,150 detik di depan juara dunia musim ini, Marc Marquez.

Tapi torehan tersebut diiringi dengan insiden crash yang dianggap sangat aneh ketika Lorenzo menggunakan ban depan tipe baru dari Bridgestone. Pasalnya motornya terjatuh tanpa sebab ketika ia sedang mengerem sebelum memasuki tikungan hairpin.

“Saya tidak menduga akan terjatuh karena saya mengerem kurang lebih pada titik yang sama dan tekanan yang sama dengan lap sebelumnya tapi tiba-tiba, tanpa ada peringatan, ban depan langsung berhenti,” kata Lorenzo seperti dilansir crash.

“Dalam waktu 0,1 detik saya sudah berada di gravel. Itu sebenarnya insiden yang cukup keras, beruntung saya tak cedera. Baju balap saya rusak, tapi yang penting saya baik-baik saja. Saya rasa ban asimetris baru di bagian depan itu terlalu keras untuk kondisi yang dingin sekarang ini,” katanya menganalisis kejadian tersebut.

Lorenzo yang ikut diundang Bridgestone menguji ban baru di Phillip Island awal tahun ini, mengakui daya tahan ban lebih lama. Tapi dampaknya, kecepatan motor akan berkurang karena lapisan ban yang terlalu keras.

“Ban mediumnya lebih buruk dari tahun lalu, gigitan ke aspal lebih buruk,” keluh Lorenzo. Selain Lorenzo, rider Tech3 Yamaha, Pol Espargaro juga jatuh di tikungan yang sama.

Sementara rider Ducati Andrea Doviziosi serta Andrea Iannone terjatuh di MG Corner. Semuanya tidak menimbulkan cedera, walaupun motor mengalami kerusakan yang cukup parah.

Walaupun menyudahi latihan bebas kedua lebih awal, namun catatan waktu Lorenzo tidak terkejar lagi, termasuk Marquez yang harus puas di posisi kedua. Iannone menduduki posisi ketiga tercepat disusul oleh Dovizioso yang mencatatkan waktu 0,343 lebih lambat dari Lorenzo. Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi lebih lambat 0,352 detik dan hanya menduduki posisi kelima di FP2. (dim)


PHILLIP ISLAND – Jorge Lorenzo berhasil mengakhiri hari pertama Grand Prix Australia di sirkuit Phillip Island dengan membukukan catatan waktu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News