Dukun Palsu Kuras Uang Pasien Setengah Miliar

Dukun Palsu Kuras Uang Pasien Setengah Miliar
Kelana, si dukun palsu dan barang bukti emas batangan palsu, keris dan tusuk konde. Ia berhasil menipu korbannya hingga Rp500 juta. Foto: Sumut Pos/JPNN.com

jpnn.com - MEDAN - Berdalih mampu mengangkat harta karun, Kelana (40) warga Jl. Pancing Medan berhasil menguras uang korbannya Rp 500 juta (setengah miliar).

Aksi dukun palsu ini terungkap setelah korban yang kehabisan uang disuruh menjual rumahnya. Hanya bermodalkan kata-kata, ayah empat anak ini berhasil memperdaya Jumin Handayani (46) dan keluarganya.

Aksi Kelana terbongkar tatkala ia melakukan ritual yang katanya terakhir di rumah Sugito sekira sepekan lalu. Tengah malam itu, Kelana menggelar ritual di rumah Sugito bersama Jumin, Ali korban lain yang mengalami kerugian Rp10 juta dan 3 korban lainnya.

Ketika itu Kelana menyuruh Jumin untuk menjual rumahnya agar bungkusan kain merah itu bisa dibuka sebagai salah satu syarat. Setelah selesai melakukan ritual, Kelana pun pulang.

Mendengar permintaan Kelana itu, Jumin pun curiga. Karena sejak mengenal Kelana, Jumin bukannya mendapat emas harta karun yang disebutkan, tapi justru sudah merugi puluhan juta.

Tak mau lebih melarat lagi, Jumin akhirnya nekad membuka buntalan kain merah tersebut. Ternyata kain itu hanya berisi 4 batang kuningan, satu tusuk konde dan dua keris.

Saat itulah Jumin sadar jika mereka telah ditipu oleh Kelana. Tak mau memendam masalah itu sendiri, Jumin pun bercerita pada salah seorang anggota Tim Khusus (Timsus) Polres Deli Serdang.

Karena itulah, untuk memancing pelaku, polisi menyuruh korban menghubungi dan menyuruh Kelana datang ke rumahnya. Agar Kelana tak curiga, Jumin berdalih telah menjual rumahnya sperti syarat yang Kelana minta.

MEDAN - Berdalih mampu mengangkat harta karun, Kelana (40) warga Jl. Pancing Medan berhasil menguras uang korbannya Rp 500 juta (setengah miliar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News