Jayabaya Jakarta - Malang Lewat Jalur Utara

Jayabaya Jakarta - Malang Lewat Jalur Utara
Dara Ananda, pramugari di KA Jayabaya di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/10). Foto: Yessy Astrada/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Satu lagi alternatif transportasi bagi masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (KAI) kemarin (18/10) meluncurkan kereta api (KA) ekonomi AC rute Pasar Senen (Jakarta)-Malang dan sebaliknya. KA itu diklaim memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan kereta bisnis dan eksekutif. 

KA Jayabaya rute terbaru tersebut sekaligus menjadi kereta pertama yang dilengkapi gerbong khusus difabel. Satu rangkaian KA Jayabaya terdiri atas sebelas gerbong. Perinciannya, delapan gerbong biasa dan dua gerbong khusus untuk difabel (penyandang disabilitas). 

Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan, KA buatan PT Inka (Persero) itu pun dilengkapi toilet duduk khusus difabel, stopkontak di setiap tempat duduk, serta pendingin udara. Fasilitas-fasilitas tersebut yang kemudian membuat KA Jayabaya tak kalah dengan KA bisnis maupun eksekutif dengan rute yang sama. 

KA Jayabaya itu pun diklaim memiliki waktu tempuh yang lebih singkat daripada KA Jakarta-Malang lainnya. Sebab, KA tersebut akan dioperasikan melalui jalur lintas utara yang sudah menggunakan jalur ganda (double track). KA lain dengan jurusan yang sama lewat jalur selatan. Jika biasanya diperlukan waktu hingga 18 jam lebih untuk tiba di Malang, dengan KA Jayabaya, waktu tempuh dapat dipersingkat hingga 14 jam saja. (mia/bad/c9/sof)


JAKARTA - Satu lagi alternatif transportasi bagi masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (KAI) kemarin (18/10) meluncurkan kereta api (KA) ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News