Kuota Ditambah, Pupuk Tetap Langka

Kuota Ditambah, Pupuk Tetap Langka
Kuota Ditambah, Pupuk Tetap Langka

KELANGKAAN pupuk saat ini masih melanda wilayah Jember. Sejumlah petani pun mengeluh. Sebab, sawah mereka terancam gagal panen jika tidak ada pupuk. Bahkan, para petani harus membeli pupuk dengan harga lebih mahal di kios langganan mereka.

''Sebelumnya, kami mendapat keluhan dari petani bahwa pupuk urea dijual lebih mahal sekitar Rp 15 ribu setiap sak,'' ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Jember Budi Wicaksono kepada wartawan saat mendatangi sejumlah kios di Desa Rambigundam, Rambipuji, kemarin (18/10). 

Selain harga pupuk yang lebih mahal, kata dia, pemilik kios yang mempunyai izin menjual pupuk bersubsidi memaksa petani membeli secara paketan. ''Laporannya, petani yang butuh pupuk urea juga diwajibkan membeli pupuk jenis lain. Padahal, mereka (petani, Red) tidak butuh pupuk lainnya yang dijual satu paket itu,'' jelasnya.

Menurut dia, karena tidak mempunyai pilihan, para petani terpaksa membeli paketan tersebut. ''Mereka membeli karena terpaksa. Sebab, jika mereka tidak membeli pupuk dengan harga plus dan bersistem paketan, sawah mereka terancam tidak panen,'' tutur politikus Partai Nasdem tersebut.

KELANGKAAN pupuk saat ini masih melanda wilayah Jember. Sejumlah petani pun mengeluh. Sebab, sawah mereka terancam gagal panen jika tidak ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News