Angka Jamaah Meninggal Hampir Samai Catatan 2013

Angka Jamaah Meninggal Hampir Samai Catatan 2013
Angka Jamaah Meninggal Hampir Samai Catatan 2013

JAKARTA - Catatan jumlah jamaah haji meninggal di pelaksanaan haji 2014 masih berlanjut. Hingga tadi malam, jumlah jamaah haji  yang meninggal mencapai 238 orang. Catatan sementara itu hampir menyamai jumlah jamaah haji meninggal tahun lalu sebesar 281 orang.
 
Dengan rencana penyelenggaraan haji 2014 yang berjalan hingga 5 November depan, jumlah angka kematian jamaah haji tahun ini berpotensi terus meningkat.

Potensi ini semakin besar, karena jumlah jamaah haji bersiko tinggi (resti) karena menderita penyakit sejak di tanah air dan berusia lanjut mendominasi.
 
Irjen Kemenag Mochammad Jasin mengatakan, upaya penanganan kesehatan terus digenjot oleh tim medis. "Bagaimanapun juga umur itu adalah kehendak Tuhan. Panitia haji hanya bisa memberikan pelayanan terbaik," katanya saat dihubungi kemarin.
 
Setelah jamaah haji berangsur meninggalkan Saudi, pelayanan kesehatan diharapkan bisa lebih fokus kepada jamaah haji yang masih di sana. Saat ini fokus pelayanan jamaah mulai bergeser ke Madinah. Jasin mengatakan, kegiatan jamaah haji di Madinah adalah salat Arbain. Salat Arbain adalah salat dalam 40 waktu berturut-turut yang dilaksanakan di Masjid Nabawi.
 
"Bagi jamaah haji yang kondisi kesehatannya tidak baik, jangan memaksakan untuk melaksanakan salat Arbain," ujarnya. Jamaah yang sedang mengalami gangguan kesehatan, diharapkan banyak beristirahat di pemondokan.
 
Mantan Wamenkes Ali Ghufron Mukti menuturkan, potensi angka kesakitan bahkan kematian jamaah haji semakin besar karena jumlah jamaah sakit dan manula tahun ini naik.
 
Dia menuturkan tahun lalu jumlah jamaah sakit saat berangkat 47.476 orang dan jamaah manula 39.272 orang. Sedangkan tahun ini, jumlah jamaah sakit saat berangkat 74.990 orang dan jamaah manula 39.272 orang.

"Mungkin perlu ada evaluasi dalam pelaksanaan haji tahun depan, bagaimana menyiapkan pemberangkatkan jamaah haji yang beresiko tinggi itu," tuturnya.
 
Ali Ghufron mengatakan jamaah haji meninggal diantaranya disebabkan oleh penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah. Kemudian juga karena gangguan pernafasan. Umumnya penyakit itu bawaan mulai dari tanah air dan kambuh saat di Saudi. (wan)


JAKARTA - Catatan jumlah jamaah haji meninggal di pelaksanaan haji 2014 masih berlanjut. Hingga tadi malam, jumlah jamaah haji  yang meninggal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News