Rampungkan AKD, DPR tak Tunggu Kabinet Jokowi-JK

Rampungkan AKD, DPR tak Tunggu Kabinet Jokowi-JK
Rampungkan AKD, DPR tak Tunggu Kabinet Jokowi-JK

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan seluruh pimpinan sepakat untuk segera merampungkan pembentukan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), tanpa harus menunggu nomenklatur kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Tidak harus (menunggu kabinet Jokowi-JK). Kita ini lembaga independen tidak ada kaitannya dengan eksekutif," kata Fadli Zon di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/10).

Namun dia mengakui jika DPR memang terus memantau perkembangan kabinet Jokowi-JK, terutama nomenklaturnya. Tapi politikus Gerindra ini yakin nomenklatur kabinet itu tidak akan lari dari Undang-undang Kementerian. Kalaupun ada perubahan nama tidak akan merubah tugas dan fungsinya.

"Pasti formasi kabinet tidak akan jauh seperti yang diatur undang-undang. Kalaupun berubah nama taip kan tidak berubah fungsi dan bidangnya, hanya nama. Kalau bidang sebagian besar tetap sama," jelasnya.

Karena itu, Fadli ingin Paripurna DPR siang nanti yang akan membahas soal komisi dan AKD bisa diputuskan setelah fraksi-fraksi menyerahkan nama-nama anggota mereka yang akan duduk di komisi.

Jika paripurna berjalan mulus maka akan dilanjutkan dengan agenda pemilihan pimpinan komisi.

"Kita harapkan minggu ini selesai semua. Saya kira kita sudah cukup lama menunda, kita ingin segera bekerja," tandasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan seluruh pimpinan sepakat untuk segera merampungkan pembentukan komisi dan alat kelengkapan dewan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News