Ingatkan Jokowi Tak Pilih SMI dan Chatib Basri Jadi Menteri

Ingatkan Jokowi Tak Pilih SMI dan Chatib Basri Jadi Menteri
Ingatkan Jokowi Tak Pilih SMI dan Chatib Basri Jadi Menteri

jpnn.com - JAKARTA - Nama mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (SMI) dan M Chatib Basri ikut menyemarakkan bursa calon menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, presiden yang dikenal dengan sapaan Jokowi itu diingatkan agar tidak memilih pembantu yang melekat dengan citra neo liberal alis neolib.

Menurut Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati,  Jokowi tak boleh memilih calon-colon menteri yang lebih pro-pasar alias neolib. "Pertama, Pak Jokowi-JK itu sudah punya kriteria, kriteria utamanya kan ada tiga. Pertama, dia harus profesional. Dan profesional di bidang ekonomi dia harus mempunyai kapabilitas," kata Enny di Jakarta, Selasa (21/10).

Kriteria kedua, lanjut Enny, calon menteri harus berintegritas dan terbebas dari berbagai kepentingan. Sedangkan kriteria ketiga adalah prasyarat yang tak kalah penting. Yakni, calon menteri harus memiliki ideologi ekonomian kerakyatan.

"Nah, persoalannya, kalau menteri-menteri yang dipilih itu terlalu pro-pasar, jadi ini bagaimana bisa memenuhi prasyarat memiliki ideologi ekonomi kerakyatan," ungkap Enny.

Terkait nama Sri Mulyani dan Chatib Basri yang mulai disebut-sebut di bursa calon menteri, Enny mengingatkan bahwa kedua nama itu  merupakan bagian dari pemerintahan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Di bidang ekonomi kabinetnya Pak SBY termasuk yang gagal. Nah kalau gagal, berarti menteri ekonominya zaman Pak SBY gagal. Kalau sudah gagal, kenapa harus dipilih lagi?” paparnya.

Selain itu Enny juga mengingatkan, memilih figur pendukung neolib menjadi menteri sama saja melanggar cita-cita Trisakti dan Nawacita yang ditawarkan Jokowi-JK. "Jadi bagaimana akan konsisten kebijakan pemerintahannya Pak Jokowi-JK, kalau memilih menterinya tidak sesuai dengan ideologi yang diusung?” ungkap dia.(boy/jpnn)


JAKARTA - Nama mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (SMI) dan M Chatib Basri ikut menyemarakkan bursa calon menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News