Siswa-Siswi SMA 4 Magelang Bikin Minuman Segar dari Ampas Tahu

Siswa-Siswi SMA 4 Magelang Bikin Minuman Segar dari Ampas Tahu
Siswa-Siswi SMA 4 Magelang Bikin Minuman Segar dari Ampas Tahu

Dari Ampas Cair Tahu, Dinamai Nata Prima
Kreativitas tidak boleh dibatasi. Apalagi, kreativitas itu memancing semangat dan jiwa entrepreneur pada kalangan muda. Hal itu pula yang dilakukan siswa-siswi SMA 4 Magelang.

Frietqi Suryawan, MAGELANG

WAKTU terus berjalan. Terlihat, siswa-siswi SMA 4 Magelang sibuk dengan kegiatan di luar mata pelajaran umumnya. Memang, mereka tidak hanya diasah kemampuan akademisnya.

Para siswa juga diasah kreativitas di wirausaha. Salah satunya memproduksi minuman segar nata yang dibuat dari ampas cair tahu atau manyon. “Minuman ini mulai produksi tiga tahun lalu dan diberi merek Nata Prima,” kata Kepala SMA 4 Magelang Sri Sugiyar Ningsih MPd seperti dikutip Radar Jogja.

Ningsih melanjutkan, pembuatan nata dimulai dari kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran biologi. Di kelas, para siswa mempelajarai aneka jenis bakteri. Termasuk Acetobacter Xylinum yang merupakan bibit nata.

“Kalau biasanya bakteri ini ditumbuhkan di air kelapa, kami cari media lain. Lalu ditemukan ampas cairan tahu yang setelah diteliti cocok sekali dibuat nata. Para siswa antusias mempelajari dan membuat nata yang bernama Nata de Way ini,” tuturnya.

Guru pembimbing produksi, Tri Minarni SPt SPdan menambahkan, Kota Magelang memiliki banyak pabrik atau rumah produksi tahu dan tempe. Pabrik ini banyak menghasilkan limbah yang hanya berakhir di pembuangan.

“Kami ambil limbah itu dan diteliti kandungan gizi serta proteinnya. Lalu kami teliti juga untuk dibuat nata yang akhirnya berhasil diciptakan nata. Rasanya tidak kalah dari nata de coco,” paparnya.

Dari Ampas Cair Tahu, Dinamai Nata Prima Kreativitas tidak boleh dibatasi. Apalagi, kreativitas itu memancing semangat dan jiwa entrepreneur pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News