Dua Tahun Pura-pura Koma

Dua Tahun Pura-pura Koma
Ilustrasi: Wahyu Kokang/Jawa Pos

jpnn.com - ALAN Knight, warga Swansea, Wales, sejatinya sudah hidup ’’dengan tenang’’ selama dua tahun terakhir. Tapi, gara-gara berjalan-jalan ketika berbelanja pekan lalu, lelaki 47 tahun itu pun kudu berhadapan dengan aparat penegak hukum.

Alan adalah tersangka kasus penipuan senilai GBP 40 ribu atau lebih dari Rp 770 juta. Korbannya adalah tetangganya, warga senior yang sedang menderita Alzheimer. Tapi, ketika akan disidik dua tahun lalu, tiba-tiba Helen Knight, istri Alan, menyurati pengadilan. Dia melaporkan bahwa suaminya lumpuh seluruh badan dan kerap koma. Penyebabnya adalah terjatuh ketika memperbaiki pintu garasi. Berbagai foto Alan dengan alat penunjang kehidupan dipakai sebagai bukti.

Entah mengapa, aparat penegak hukum tak langsung mengeksekusi Alan. Meski begitu, polisi tetap memelototi aktivitas Alan. Sebab, selain masih berstatus terpidana, Alan mendapat santunan rutin dari pemerintah lantaran ’’kecacatannya’’ tersebut.

Benar juga, Alan sakit awu-awu. Kartu kreditnya terus-menerus aktif. Begitu juga kartu anggota sebuah supermarket di kotanya. Setelah diincar sekian lama, akhirnya muncul juga bukti itu. Alan tertangkap kamera sedang berjalan-jalan dengan sang istri di supermarket tersebut. Ada juga video Alan sedang mengemudi bersama keluarganya.

Diancam bahwa sidang akan tetap berlangsung dengan atau tanpa kehadirannya, Alan pun muncul di Pengadilan Swansea kemarin. Dia duduk di kursi roda dan penyangga leher.

Hakim Paul Thomas pun sampai mengakui kehebatan peran watak Alan. ’’Dia aktor yang sangat berbakat dan fokus,’’ ujarnya. (AP/BBC/c7/dos)


ALAN Knight, warga Swansea, Wales, sejatinya sudah hidup ’’dengan tenang’’ selama dua tahun terakhir. Tapi, gara-gara berjalan-jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News