Mantan Kepala PPATK Sarankan Jokowi Turuti KPK

Mantan Kepala PPATK Sarankan Jokowi Turuti KPK
Mantan Kepala PPATK Sarankan Jokowi Turuti KPK

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar memilih figur berintegritas untuk dijadikan menteri. Karenanya, Yunus menyarankan agar Jokowi mengikuti saran PPATK dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Presiden Jokowi menggunakan informasi dari KPK dan PPATK biar terpilih menteri yang integritasnya relatif bersih kalau begitu," kata Yunus di KPK, Jakarta, Jumat (24/10).

Menurut Yunus, dengan memilih calon menteri yang bersih dan berintegritas maka Jokowi bisa mencegah korupsi oleh pembantunya di kabinet. "Daripada ada masalah lebih baik mencegah," ujarnya.

Sebelumnya, KPK dalam rekomendasinya ke Jokowi memberikan catatan tentang nama-nama calon menteri. Figur calon menteri yang berpotensi bermasalah dalam korupsi diberi tanda merah. Ada pula figur yang mendapat tanda kuning yang berarti masih riskan terseret kasus korupsi.

Menanggapi itu Yunus menyatakan, apabila ada indikasi calon menteri terlibat korupsi maka KPK perlu menindaklanjuti. "Kalau memang ada indikasi ya harusnya ditindaklanjuti," tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Yunus Husein mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News