Benarkah Saran Dokter Wanita Lebih Baik untuk Kesehatan Anda?

Benarkah Saran Dokter Wanita Lebih Baik untuk Kesehatan Anda?
Benarkah saran dokter wanita lebih baik untuk kesehatan anda? Foto: istimewa

jpnn.com - SEBUAH penelitian mengungkap bahwa pasien lebih mungkin memperhatikan nasihat dokter perempuan dibandingkan dengan dokter laki-laki. Secara khusus, rekomendasi tentang nutrisi, olahraga dan penurunan berat badan lebih mungkin 'mengena' ke pasien, ketika diberi nasihat oleh seorang dokter wanita.

Dr. Anne-Cecile Schieber, dari University of Toulouse III, Prancis, memimpin sebuah tim yang meneliti bagaimana jenis kelamin mempengaruhi hubungan antara 585 pasien dan 27 dokter.

Studi baru menunjukkan bahwa beberapa dokter pria bisa belajar satu atau dua hal dari dokter perempuan, setidaknya kalau hal ini berhubungan dengan bagaimana memberikan nasihat tentang nutrisi dan olahraga.

Peneliti independen menanyai pasien dewasa dan dokter mereka segera setelah kunjungan kantor. Pertanyaan termasuk informasi dan saran yang diberikan tentang berat badan, aktivitas fisik dan gizi.

Dokter wanita dan kedua pasien laki-laki dan perempuan mereka cenderung setuju tentang rekomendasi nutrisi, olahraga dan penurunan berat badan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Family Practice.

Namun pasien laki-laki dengan dokter pria, hampir empat kali lebih mungkin untuk tidak setuju tentang pendapat mereka tentang nutrisi. "Pelatihan mahasiswa kedokteran dan dokter pada umumnya tentang bagaimana memberikan informasi, menunjukkan rasa hormat, mendukung keterlibatan pasien, mendapatkan kompetensi sosial dan budaya, mendukung refleksi diri dan kesadaran diri tentunya bisa membantu mereka untuk memberikan kualitas perawatan yang lebih tinggi untuk setiap pasien, terlepas dari jenis kelamin mereka," kata Dr. Anne, seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (29/10).

Mereka mengatakan bahwa penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa dokter perempuan lebih mungkin untuk melibatkan pasien dalam pengambilan keputusan dan berkonsultasi dengan lebih hangat pada pasien. (fny/jpnn)


SEBUAH penelitian mengungkap bahwa pasien lebih mungkin memperhatikan nasihat dokter perempuan dibandingkan dengan dokter laki-laki. Secara khusus,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News