Daftar Tunggu Haji Makin Panjang, Calon Jemaah Berharap Panjang Umur

Daftar Tunggu Haji Makin Panjang, Calon Jemaah Berharap Panjang Umur
Daftar Tunggu Haji Makin Panjang, Calon Jemaah Berharap Panjang Umur

jpnn.com - DEPOK - Semakin panjangnya daftar tunggu haji, membuat calon jemaah waswas. Mereka khawatir sebelum bisa menunaikan Rukun Islam ke-5 itu, umur tidak lagi panjang atau kesehatan sudah tak memungkinkan.

Di Kota Depok, Jawa Barat, daftar tunggu haji sudah sampai tahun 2029. Itu pun jika mendaftar tahun ini. Pasalnya, sampai saat ini calon jemaah yang sudah terdaftar sekitar 18 ribu orang. 

"Kalau mendaftar tahun ini, masa tunggunya 15 tahun. Soalnya sekarang masih ada pengurangan kouta jamaah haji," sebut salah seorang petugas pendaftaran haji dan umroh Kantor Kementerian Agama di Depok, yang enggan menyebutkan namanya, Jumat (31/10).

Dia menyebutkan, setiap harinya sekitar 40 calon jemaah mendaftar haji. Hal inilah yang membuat jumlah calon jemaah terus bertambah. Panjangnya daftar tunggu haji meresahkan beberapa calon jemaah yang baru mendaftar. 

Seperti diutarakan Idawari. Perempuan berusia 55 tahun ini gundah karena harus menunggu 15 tahun. "Kalau 15 tahun lagi, saya sudah sepuh sekali. Apa saya masih sehat dan masih ada umur (panjang umur) ya," ujarnya.

Oleh petugas dijelaskan, kalau pembagunan di Mekkah sudah selesai kemungkinan besar kuota haji Indonesia akan bertambah, sehingga daftar tunggu tidak panjang lagi.

"Tenang saja bu, kalau memang mau dipanggil Allah ke tanah suci lebih cepat, Insya Allah tidak sampai 15 tahun sudah bisa ke Baitullah," tandasnya. (esy/jpnn)

DEPOK - Semakin panjangnya daftar tunggu haji, membuat calon jemaah waswas. Mereka khawatir sebelum bisa menunaikan Rukun Islam ke-5 itu, umur tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News