Kerjasama Perdana, Presiden Jokowi Gaet Angola

Kerjasama Perdana, Presiden Jokowi Gaet Angola
Kerjasama Perdana, Presiden Jokowi Gaet Angola

jpnn.com - JAKARTA - Republik Angola menjadi negara istimewa buat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, negara yang terletak di barat daya Afrika itu menjadi negara sahabat pertama yang menjalin kerjasama dengan Indonesia sejak Jokowi jadi RI 1.

Penandatangan kerjasama (MoU) ini dilakukan saat Wakil Presiden Angola, Manuel Domingos Vicente beserta delegasi berkunjung ke Istana Merdeka, Jumat, (31/10). Kerjasama dilakukan antara Pertamina dengan Sonangol, perusahaan minyak asal Angola.

"Dua-duanya BUMN, ini kerjasama pertama pemerintahan saya. Kita harapkan ini kerja sama konkrit," kata Presiden usai bertemu Wapres Angola.

Presiden mengaku memberikan batasan waktu seminggu agar MoU dua BUMN itu membawa manfaat bagi Indonesia. Tenggat waktu itu diberikan pada Menteri ESDM dan Dirut Pertamina.

"Sudah dihitung Pak Menteri dan Dirut Pertamina, berapa efisiensi yang kita dapatkan karena kita langsung ambil dari produksi perusahaan nasional di Angola," sambung Presiden.

Sementara itu, Menteri ESDM, Sudirman Said mengungkap Pertamina akan membeli langsung ke Sonangol. Dua perusahaan juga akan bergabung dan membangun kilang di Indonesia.

"Presiden berikan tenggat waktu seminggu. Hipotesisnya kalau dapat 100ribu barrel, seperempat impor kita punya satu perusahaan yang memiliki suplai berkelanjutan. Tinggal bicara harga," kata Sudirman. (flo/jpnn)


JAKARTA - Republik Angola menjadi negara istimewa buat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pasalnya, negara yang terletak di barat daya Afrika itu menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News