Palembang Gelap Gulita

Palembang Gelap Gulita
Palembang Gelap Gulita

jpnn.com - PALEMBANG - Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tampaknya masih harus bersabar untuk beberapa hari ke depan. Perkiraan, pemadaman bisa berlangsung hingga 15 hari.

Dari 700 ribu pelanggan PLN yang ada di Kota Palembang, ada 90 persen atau sekitar 600 ribu pelanggan yang bakal mengalami pemadaman listrik.

 "Penyebab terjadinya pemadaman listrik ini dikarenakan ada transmisi sistem dengan tenaga 150 KV dari Bukit Asam ke Lahat dengan penghantar 1 dan 2 sedang mengalami gangguan, sehingga tidak dapat mensuplai listrik ke Sumatera Bagian Selatan," ungkap Manajer PT PLN (Persero) Area Palembang, Syarbani Sofyan, kepada Palembang Pos (Grup JPNN) kemarin.

Selain itu, ada PLTGU Borang dengan kapasitas 150 Mega Watt juga mengalami gangguan dan satu lagi di Borang juga mesin pembangkit sewa dengan kapasitas 120 Mega Watt yang tidak bisa beroperasi karena ada kendala pasokan gas.

"Sehingga untuk wilayah Kota Palembang mulai tadi malam sampai pagi ini tidak bisa mensuplai listrik dan terjadilah padam listrik," lanjutnya.

Selain PLTGU Borang, Syarbani juga mengatakan, bahwa PLTGU Keramasan juga mengalami gangguan tegangan karena ada jaringan yang putus sehingga hanya berfungsi satu pembangkit di daerah Musi II, yang hanya bisa mensuplai satu lokasi saja yakni di Poligon dan sekitarnya.

"Saat ini kami tengah melakukan perbaikan terhadap sistem transmisi tersebut dan akan segera menyelesaikan perbaikan agar tidak terjadi lagi padam listrik di Kota Palembang dan sekitarnya," katanya lagi.

Ia memprediksi, bahwa padam listrik masih akan terjadi sekitar tiga hingga empat hari ke depan sampai sistem transmisi dan pembangkit sudah benar-benar dalam kondisi normal. Pihaknya juga berharap gangguan transmisi tidak terulang kembali sehingga tidak ada lagi pemadaman listrik.

PALEMBANG - Pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tampaknya masih harus bersabar untuk beberapa hari ke depan. Perkiraan, pemadaman bisa berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News