Warga 3 Desa di Sinabung Direlokasi

Warga 3 Desa di Sinabung Direlokasi
Warga 3 Desa di Sinabung Direlokasi

JAKARTA - Pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, segera mendapat solusi. Terutama mereka yang berasal dari Desa Sukameriah, Simacem, dan Bekerah. Penggunaan lahan relokasi untuk mereka telah mendapat izin sehingga hunian permanen bisa segera dibangun.

Tiga desa yang direlokasi secara permanen itu berpenduduk 1.212 jiwa atau 370 kepala keluarga (KK). Desa Sukameriah memiliki 436 jiwa atau 136 KK, Desa Simacem 445 jiwa atau 131 KK, dan Desa Bekerah 331 jiwa atau 103 KK. Tiga desa itu berada di radius tiga kilometer dari kawah Gunung Sinabung dan menjadi jalur aliran lava maupun awan panas. Karena itu, wilayah tersebut tidak mungkin dihuni lagi.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyetujui penggunaan lahan 458,88 hektare di hutan produksi tetap Siosar dengan sistem pinjam pakai. Surat itu diteken Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar pada 29 Oktober lalu atau hanya beberapa jam setelah dia ditelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkunjung ke Karo.

Rencananya, hari ini TNI mulai membangun jalan dengan panjang 3,8 kilometer dan lebar 12 meter di kawasan tersebut. TNI sekaligus membabat alas untuk mempersiapkan lahan yang bakal dibangun rumah dengan dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

JAKARTA - Pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, segera mendapat solusi. Terutama mereka yang berasal dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News