Jokowi Ajak Tiongkok Garap Infrastruktur di Luar Jawa

Jokowi Ajak Tiongkok Garap Infrastruktur di Luar Jawa
Jokowi Ajak Tiongkok Garap Infrastruktur di Luar Jawa

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi di Istana Merdeka, Senin, (3/11). Selain untuk mempersiapkan kehadiran Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia- Pacific Economic Cooperation (APEC) di Beijing, pertemuan itu  juga untuk membahas kerjasama ekonono kedua negara.

Menurut  Jokowi, dalam pertemuan ini dibahas kerjasama untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di Indonesia, terutama di pulau-pulau besar. "Responnya, mereka menunggu apa yang akan dimulai kerjakan. Saya sampaikan pembangunan pelabuhan, kereta api, yang ada di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," kata Jokowi usai bertemu Wang Yi.

Jokowi menambahkan, salah satu pembangunan infrastruktur yang paling mendesak adalah pembangkit tenaga listrik. Pasalnya, kata dia, di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan sering terjadi pemadaman listrik.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah memutuskan akan mengalihkan sebagian tenaga listrik yang dihasilkan pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III untuk kebutuhan rumah tangga. Selama ini, PLTA Asahan III hanya melayani kebutuhan di zona industri.

"Ada beberapa yang dibahas. Tadi pagi sudah kita putuskan Asahan di-switch agar bisa keluar tidak hanya di zona industri tetapi juga di rumah tangga," katanya.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi di Istana Merdeka,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News