Gubernur Gorontalo Ingin Krisis Listrik Segera Teratasi

Gubernur Gorontalo Ingin Krisis Listrik Segera Teratasi
Gubernur Gorontalo Ingin Krisis Listrik Segera Teratasi

jpnn.com - GORONTALO - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie terus berupaya mengatasi persoalan krisis listrik di wilayahnya. Setelah pada Selasa (4/11) lalu Rusli memaparkan kondisi kelistrikan di Gorontalo kepada Presiden Joko Widodo, keesokan harinya (5/11), gubernur kelahiran 6 Juni 1963 itu langsung menggelar rapat dengan pihak PLN dan satuan kerja perangkat dinas (SKPD) untuk membahas persoalan listrik biarpet yang menjadi keluhan masyarakat.

Menurut Rusli, dirinya ingin ada solusi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang atas krisis listrik di Gorontalo. “Untuk jangka pendek, saya minta ke PLN agar masalah listrik tidak padam lagi hingga akhir tahun ini. Turunnya pasokan daya dari sejumlah pembangkit agar segera bisa diatasi secepatnya. Jangka menengah, saya minta diinventaris kemampuan daya listrik kita, apa kendalanya termasuk jadwal realisasinya. Data ini selanjutnya akan kami paparkan ke pemerintah pusat,” katanya.

Di Provinsi Gorontalo sebenarnya terdapat sejumlah pembangkit baru dengan daya cukup besar. Namun, hingga kini penggunaannya belum optimal.

Misalnya, PLTU Molotabu yang seharusnya bisa menghasilkan daya 2 x 12,5 megawatt, namun baru satu mesin yang beroperasi. Ada juga proyek pembangunan PLTU Anggrek dengan daya 2 x 25 MW yang ditargetkan selesai Maret 2015 namun diprediksi molor hingga akhir 2015. Sedangkan pada  2015 nanti, PLN juga berencana membangun PLTG di Kabupaten Pohuwato dengan daya 2x20 megawatt.

“Untuk jangka panjang, kita punya data rencana pembangunan Waduk Bone Hulu. Data ini nanti kita akan serahkan ke PLN supaya bisa dikalkulasi berapa potensi daya listrik yang bisa dihasilkan dari waduk itu. Ini penting agar ke depan pasokan listrik kita semakin baik,” imbuhnya.

Berbagai persoalan krisis listrik ini selanjutnya akan dipaparkan Rusli Habibie di depan sejumlah menteri terkait. Di antaranya Kementrian ESDM, Bappenas dan Kementrian PU.

Rusli berharap agar persoalan listrik mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat, termasuk pembangunan Waduk Bone Hulu untuk mendukung peningkatan daya listrik daerah.

Sementara Manajer PLN Wilayah Suluttengo, Santoso Januwarsono menjelaskan, krisis listrik yang terjadi di Gorontalo dan Sulawesi Utara (jaringan interkoneksi) terjadi di luar dugaan. Salah satunya disebabkan oleh faktor kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan sejumlah pembangkit listrik mengalami penurunan daya yang signifikan.

GORONTALO - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie terus berupaya mengatasi persoalan krisis listrik di wilayahnya. Setelah pada Selasa (4/11) lalu Rusli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News