80 Persen Warga Catalonia Setuju Pisah dari Spanyol

80 Persen Warga Catalonia Setuju Pisah dari Spanyol
Spanduk penolakan seperti ini sering didapati saat Barcelona bermain di Camp Nou. Foto: istimewa

jpnn.com - BARCELONA - Sebanyak 80 persen warga Catalonia menghendaki kemerdekaan alias ingin berpisah dengan Spanyol. Dari hasil jajak pendapat yang dipublikasikan oleh kelompok pendukung referendum Catalonia, untuk sementara wilayah yang juga menjadi tempat domisili klub raksasa Barcelona itu, ingin melanjutkan hak referendumnya.

Dilaporkan juga, jajak pendapat itu diikuti lebih dari 2 juta warga Catalonia. Untuk sementara, hasil dari referendum ini disebut belum mengikat. Namun ini akan dilanjutkan untuk melakukan referendum formal. 

Pemimpin Catalan, Artur Mas memuji jajak pendapat yang dia nilai sebagai sebuah kesuksesan besar. "Kami telah mendapatkan hak untuk referendum," katanya kepada para pendukungnya, seperti dilansir dari BBC, Senin (10/11).

Salah satu wilayah di Spanyol itu telah cukup lama meminta pemisahan dari Spanyol. Selama ini merek merasa menjadi 'sapi perah' pemerintah Spanyol. Kontribusi mereka di bidang ekonomi, budaya dan lainnya selama ini, disebut tak sebanding dengan yang didapatkan Catalonia dari pusat.

"Sekali lagi Catalonia telah menunjukkan bahwa ia ingin memerintah dirinya sendiri," singkat Artur Mas. (adk/jpnn)


BARCELONA - Sebanyak 80 persen warga Catalonia menghendaki kemerdekaan alias ingin berpisah dengan Spanyol. Dari hasil jajak pendapat yang dipublikasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News