Visit Buton 2016, 60 Rumah Disulap Hotel

Visit Buton 2016, 60 Rumah Disulap Hotel
Visit Buton 2016, 60 Rumah Disulap Hotel. JPNN.com

jpnn.com - PASARWAJO - Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun benar-benar serius menghadapi event Visit Buton 2016. Untuk menjadikan daerah itu sebagai kawasan pariwisata internasional, berbagai terobosan terus dilakukan untuk publikasi potensi destinasi menarik di daerahnya.

Saat ini, Pemkab Buton Sulawesi Tenggara menyiapkan anggaran miliaran rupiah untuk menjemput dan menyiapkan fasilitas sanitasi bagi para turis yang akan melakukan kunjungan wisata di daerah penghasil aspal itu.
            
"Kami akan berdayakan 60 unit rumah warga Pasarwajo yang ada di pesisir untuk diberikan fasilitas dan kebutuhan seperti pembangunan WC, kamar mandi yang layak, pemasangan AC dan fasilitas lain. Jadi,meskipun rumah warga sederhana, tapi fasilitas sama seperti hotel. Bantuan itu merupakan kewajiban Pemkab dan kami sudah menyiapkan anggarannya dalam APBD 2015 sebesar Rp 1,8 miliar," kata Ketua DPC PAN Buton ini seperti yang dilansir Kendari POS (Grup JPNN.com), Rabu (12/11).

Spesifikasi rumah warga yang akan difungsikan menjadi home stay bagi para pelancing asing itu berbentuk tradisional (panggung) dan dalam melengkapi fasilitas yang ada, pemerintah tak akan merubah bentuk aslinya. Selain itu, masyarakat juga akan dididik serta mendapat penyuluhan agar mampu memberikan pelayanan pada para wisatawan yang  berkunjung di Buton nanti.

"Memberi pelayanan sesuai standar kesehatan, bisa menyiapkan menu-menu makanan sesuai keinginan dan selara turis seperti spaghetti, pizza dan lainnya. Tiap unit rumah akan mendapat alokasi dana pembenahan antara Rp 30 juta hingga Rp 40 juta. Konsep pengembangan pariwisata di Buton kami lakukan berbasis masyarakat. Ini dilakukan agar mendongkrak ekonomi masyarakat di daerah (Pasarwajo)," jelas mantan Ketua  DPRD Buton itu, panjang lebar.
    
Ada sejumlah destinasi wisata unggulan Buton yang sudah terpublikasi yakni Hutan Lambusango, Teluk Pasarwajo dengan 32 spot diving dengan berbagai jenis ikan mandarin, Danau Togo Motogo, Pantai Koguna, Gua Langalu dan juga Danau Merah di kawasan Kecamatan Wabula.

"Makanya Kementerian Pariwisata telah menganggarkan Rp 1,8 miliar pada APBN 2015 untuk pembangunan dive center dengan berbagai fasilitas di kawasan Banabungi, Pasarwajo. Ke depan kami juga akan menyiapkan pelatih daving untuk bisa memberikan latihan dan menunjukan spot-spot diving di teluk ini," tutupnya. (cr4/cok)


PASARWAJO - Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun benar-benar serius menghadapi event Visit Buton 2016. Untuk menjadikan daerah itu sebagai kawasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News