Empat Tol Sumatera Bakal Segera Dibangun, Target Akhir 2014

Empat Tol Sumatera Bakal Segera Dibangun, Target Akhir 2014
Empat Tol Sumatera Bakal Segera Dibangun, Target Akhir 2014

jpnn.com - JAKARTA - Rencana pembangunan 27 ruas tol di wilayah Sumatera memasuki babak baru. Pemerintah memberi sinyal empat tol diantaranya dapat segera dibangun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago menegaskan pemerintah sangat memprioritaskan pada infrastruktur. Terutama infrastruktur yang berkaitan pada kepentingan masyarakat.

Pembangunan jalan, lanjut dia menjadi bagian dari perhatian pemerintah. Termasuk pula pembangunan jalan tol dan jalan reguler.

”Memang di Sumatera itu bakal dibangun sejumlah ruas tol. Itu dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat setempat," ujar Andrinof Chaniago dalam keterangannya di Bandung, kemarin.

Proyek Tol Sumatera, tambah dia, merupakan program yang telah disusun pemerintah sebelumnya. Dari 27 ruas tol yang dibutuhkan di Sumatera itu hanya empat yang memungkinkan dilaksanakan.

Lebih lanjut dia menegaskan fasilitas jalan tol merupakan opsi penunjang pertumbuhan ekonomi. Jalan tol tidak ditempatkan sebagai fasilitas utama penyediaan jalan publik.

Pemerintah itu, lanjut dia harus menyediakan jalan bagi kepentingan semua pihak. Sedangkan tol ditujukan bagi sekelompok tertentu saja.

”Maka pembangunan tol dapat dilakukan, tetapi tak menghindari perbaikan jalan reguler,” ucapnya. Deputi Bidang Sarana-Prasarana Bappenas, Dedi Supriyadi Priyatna, menambahkan pemabngunan empat tol di wilayah Sumatera memang sudah waktunya. Keputusan pemabngunan itu pun telah disetujui pemerintah sebelumnya.

JAKARTA - Rencana pembangunan 27 ruas tol di wilayah Sumatera memasuki babak baru. Pemerintah memberi sinyal empat tol diantaranya dapat segera dibangun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News