WhatsApp Luncurkan Fitur untuk Nonaktifkan Read Receipt

WhatsApp Luncurkan Fitur untuk Nonaktifkan Read Receipt
WhatsApp Luncurkan Fitur untuk Nonaktifkan Read Receipt

jpnn.com - WHATSAPP Inc yang merilis aplikasi WhatsApp Messenger terus berupaya menyempurnakan layanan pesan instan besutannya. Setelah sebelumnya meluncurkan fitur Read Receipt bagi penggunanya, perusahan aplikasi yang didirikan Brian Acton dan Jan Koum itu akan kembali meluncurkan fitur terbarunya dalam waktu dekat.

Nantinya, fitur terbatu WhatsApp itu justru untuk menon-aktifkan fitur Read Receipt. Sebelumnya dengan fitur Read Receipt, pengguna bisa mengetahui pesan yang dikirimnya sudah dibaca atau belum.

WhatsApp akan memberikan tanda centang biru ganda untuk pesan yang sudah dibaca penerima. Namun, fitur Read masih akan aktif pada group chat.

Hanya saja tidak semua pengguna memberikan respon positif kepada aplikasi itu. Karenanya, WhatsApp secara diam-diam mengeluarkan pembaruan dengan memberikan pilihan untuk menonaktifkan fitur notifikasi pembaca pesan itu.
 
Pengguna Android bisa membuka situs resmi WhatsApp untuk mengunduh WhatsApp Messenger versi 2.11.444. Versi tersebut memiliki pilihan untuk menonaktifkan fitur "Read Receipt" yang ditandai dengan tanda centang berwarna biru.

Fitur ini bisa ditemukan pada bagian Privacy. Caranya dengan mengakses menu "Settings > Account > Privacy" kemudian hilangkan tanda centang di opsi 'Read receipts' melalui perangkatnya masing-masing.

Dengan pengaturan ini, si pengirim tetap mendapatkan ikon centang dua berwarna abu-abu jika si penerima telah membaca pesan tersebut. Jika terdapat ikon centang satu abu-abu pada pesan di WhatsApp menandakan pesan telah terkirim ke server WhatsApp.

Kemudian tanda centang dua berwarna abu-abu artinya pesan sukses dikirim ke ponsel penerima. Sedangkan centang dua warna biru menandakan pesan telah dibaca oleh penerima.(mg2/jpnn)

 


WHATSAPP Inc yang merilis aplikasi WhatsApp Messenger terus berupaya menyempurnakan layanan pesan instan besutannya. Setelah sebelumnya meluncurkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News