Munas Dipercepat, Ical Diuntungkan

Munas Dipercepat, Ical Diuntungkan
Munas Dipercepat, Ical Diuntungkan

jpnn.com - JOGJAKARTA - Upaya sejumlah calon ketua umum untuk mempertahankan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golongan Karya (Golkar) pada Januari 2015 dipastikan gagal. Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jogjakarta telah memutuskan bahwa pelaksanaan munas dimajukan menjadi 30 November sampai 4  Desember 2014.

Posisi Ketua Umum Aburizal Bakrie dan Ketua Dewan Pertimbangan Akbar Tandjung juga direkomendasikan mayoritas DPD provinsi agar mereka terpilih lagi dalam munas.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Tantowi Yahya menyatakan, hasil rapat komisi telah memutuskan agar munas dilaksanakan pada 30 November. Itu didasarkan pada pandangan para pemilik suara rapimnas yang mayoritas meminta munas dipercepat sekaligus mengajukan Ical -sapaan akrab Aburizal Bakrie- bersama Ketua Dewan Pertimbangan Akbar Tandjung agar terpilih lagi.

"Munas dilaksanakan di Bandung pada 30 November sampai selesai, belum dibahas tempat pastinya," kata Tantowi di sela Rapimnas Partai Golkar di Hotel Melia Purosani, Jogjakarta, Rabu (19/11).

Dimajukannya tanggal munas, kata Tantowi, tidak menyalahi konstitusi partai. Munas 2009 di Pekanbaru merekomendasikan kepengurusan bisa diperpanjang bila dipandang perlu.

"Oktober itu pelantikan presiden. Bisa dibayangkan kalau saat itu dilaksanakan munas, konsentrasi bisa terpecah. Dasar rekomendasi munas Pekanbaru juga setelah pelaksanaan pilpres," ujarnya.

Alasan lain dimajukannya munas adalah adanya pembahasan agenda penting di DPR. Menurut Tantowi, Januari adalah awal pembahasan Perppu Pemilihan Kepala Daerah dan RAPBNP serta isu lain di DPR.

Karena itu, Partai Golkar sulit mengambil keputusan terkait dengan Perppu Pilkada jika munas diadakan pada bulan yang sama. "Munas dimajukan agar Fraksi Golkar bisa langsung bekerja dengan status jelas karena sudah ada Ketum yang terpilih," tuturnya.

JOGJAKARTA - Upaya sejumlah calon ketua umum untuk mempertahankan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golongan Karya (Golkar) pada Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News