Kasus HIV/AIDS di Magelang Meningkat

Kasus HIV/AIDS di Magelang Meningkat
Kasus HIV/AIDS di Magelang Meningkat

jpnn.com - MAGELANG – Selama sepuluh tahun terakhir, kasus HIV/AIDS di Kota Magelang menunjukkan tren kenaikan. Dari catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Magelang, kasus HIV/AIDS yang pada periode 2004-2008 ada tiga saja, pada 2014 sudah melonjak menjadi 15 kasus.

Staf Bidang PPPL (Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Ling-kungan) Dinkes Pemkot Magelang, Syafaat Wahyudi menuturkan, pada 2009 kasus HIV/AIDS di wilayahnya bahkan hanya ada satu saja. Namun, pada tahun 2010 kasus HIV naik lagi yakni menjadi empat kasus, sedangkan AIDS nihil (nol).

Tahun 2011-2012 relatif sama, yakni lima HIV dan dua AIDS. Untuk 2013 naik lagi menjadi 10 HIV dan lima AIDS. 

”Tahun 2014 ini meningkat tajam. Meski baru sampai bulan Novem-ber, kasus HIV ditemukan ada 15, sedangkan AIDS sudah lima kasus,” katanya.

Syafaat menjleskan, pihaknya menyediakan pemeriksaan secara sukarela dan rahasia. ”Kalau positif terinveksi HIV/AIDS, kami akan lakukan pemeriksaan lanjutan (CD4) dan terapi di CST RSU Tidar Kota Magelang. Semuanya juga gratis. Sejauh ini, yang mengakses CST baru ada 28 orang dari sekitar 60 penderita,” jelasnya.(dem/jko/ong/jpnn)

MAGELANG – Selama sepuluh tahun terakhir, kasus HIV/AIDS di Kota Magelang menunjukkan tren kenaikan. Dari catatan Dinas Kesehatan (Dinkes)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News