Berharap Pemenang Pilkada di 204 Daerah Dilantik Akhir 2015

Berharap Pemenang Pilkada di 204 Daerah Dilantik Akhir 2015
Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Djohermansyah Djohan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah mengharapkan, pada Desember 2015 seluruh daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) sudah memiliki pemimpin yang defenitif.

"Jadi apa pun bulan (pelaksanaan pemungutan suara, red) pemerintah mengharapkan Desember sudah dilantik, jangan geser ke 2016. Dari 204 daerah itu sudah punya kada definitif per Desember 2015," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Djohermansyah Djohan, di Gedung Kemdagri, Jakarta, Rabu (26/11).

Meski begitu, birokrat yang akrab disapa Prof Djo ini mengakui dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, tidak menjelaskan terkait pilkada dua putaran.

Skenario dalam perppu yang ditandatangani Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya menjelaskan pilkada serentak yang dilaksanakan 2015.

"Kalau ada putaran kedua, ya di dalam Perppu belum ada skenario seperti itu. Kalau demikian maka perppu perlu dikaji lagi, misalnya ada opsi potensi untuk 2016 maka akan lebih baik pilkada digelar di 2016 saja," katanya.

Menurut Prof Djo, jika pilkada 2015 digeser ke 2016, maka pilkada yang sedianya akan digelar di 2019 juga harus digeser ke 2021.

"Itu suatu model pemilihan yang menarik karena semacam pilkada ini untuk men- challenge pemerintahan baru itu. Tapi kita kembali, pikiran Kemendagri meminta KPU jadwalkan di 2015. Jangan melebihi itu," pungkasnya. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Pemerintah mengharapkan, pada Desember 2015 seluruh daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) sudah memiliki pemimpin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News