Wagub DKI Jakarta Jatah Boy Sadikin

Wagub DKI Jakarta Jatah Boy Sadikin
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

SURABAYA - Sudah hampir sepekan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi menempati kursi Gubenur DKI Jakarta. Tapi, hingga dia belum mengajukan wakil yang bakal mendampingi hingga pemerintahan selesai pada 2017.
    
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuturkan hingga kemarin lusa belum menerima surat resmi soal pengajuan nama yang bakal menjadi wakil gubenur. Memang ada waktu hingga 15 hari bagi gubenur untuk menentukan siapa wakilnya.

"Sudah saya periksa-periksa hingga semalam (kemarin malam, red) tidak ada surat itu," ungkap dia di Balai Kota Surabaya, kemarin (26/11).
    
Namun, mantan Sekjend PDI Perjuangan itu menuturkan bahwa sudah ada pengajuan satu nama dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

Pilihan itu jatuh pada Boy Sadikin putra mantan gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Pilihan itu juga telah mendapatkan restu dari Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. "Semalam saya ketemu bu Mega. Ya sudah Boy Sadikin," imbuh dia.
    
Tjahjo menuturkan meskipun tak menjabat lagi di partai tapi dia masih berkomunikasi dengan para petinggi partai.
       
Dia mengungkapkan bahwa semestinya jatah untuk gubernur itu memang milik PDI Perjuangan. Sebab, partai itulah yang mengusung pasangan Joko Widodo-Ahok bersama Gerindra. Nah, Ahok merupakan representasi dari Gerindra.

Meskipun kini dia telah hengkang dari partai dibawah pimpinan Prabowo Subianto itu. "Soal pak Ahok sudah keluar itu bukan urusan partai. Itu urusan pak Ahok sendiri," imbuhnya.
    
Menurut dia, Jakarta membutuhkan sosok pemimpin yang berasal dari daerah sendiri. Sehingga bisa mengerti kondisi lokal dan perkembangan Jakarta selama ini. Sebab, bila bukan orang Jakarta kelak akan dipersoalkan lagi oleh banyak orang.
    
Dia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini akan ada komunikasi antara PDI Perjuangan dengan Ahok. Sehingga usulan itu bisa segera dibahas dan disepakati. "Dalam sehari dua hari ini akan ada pertemuan," tambahnya.
    
PDI Perjuangan juga tak terlalu menghiraukan ada isu soal pengajuan nama lain yang muncul. Seperti Sarwo Handayani yang kerap disebut-sebut bakal mendampingi Ahok dalam memerintah DKI Jakarta. (jun)


SURABAYA - Sudah hampir sepekan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi menempati kursi Gubenur DKI Jakarta. Tapi, hingga dia belum mengajukan wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News