Orang Dekat Akil Disebut Bantu Dua Kepala Daerah

Orang Dekat Akil Disebut Bantu Dua Kepala Daerah
Wali Kota Palembang nonaktif, Romi Herton dan istrinya, Masyito pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kamis (27/11). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Muhtar Ependy, pria yang disebut-sebut sebagai orang dekat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, memberikan bantuan kepada Wali Kota Palembang nonaktif, Romi Herton dan Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri. Bantuan itu diberikan dengan alasan karena mereka Romi dan Budi dizalimi.

Keterangan itu disampaikan mantan Wakil Kepala BPD Kalbar Cabang Jakarta, Iwan Sutaryadi saat bersaksi dalam persidangan atas Romi dan istrinya, Masyito di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (27/11). Romi dan Masyito adalah terdakwa kasus dugaan suap ‎terkait perkara permohonan keberatan hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Palembang tahun 2013-2018 di Mahkamah Konstitusi dan memberikan keterangan tidak benar.

Dalam kesaksiannya, Iwan mengaku kerap menanyakan kepada Muhtar soal makelar kasus. Sebab, dalam pemberitaan, Muhtar disebut sebagai seorang makelar kasus.

Namun, Muhtar mengaku ke Iwan bahwa ia bukan seorang makelar kasus. "Tidak Wan, saya bukan makelar kasus, saya hanya membantu orang yang dizalimi," kata Iwan menirukan jawaban Muhtar.

Mendengar jawaban itu, jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pulung Rinandoro menanyakan tentang pihak yang dizalimi. "Dia (Muhtar, red) menyebutkan kiai," jawab Iwan.

Mulanya, ‎Iwan mengaku tidak mengetahui kiai yang dimaksud Muhtar. Dia baru tahu setelah merapikan ketikan Muhtar yang kala itu sedang menginap di apartemennya.

"Muhtar kan suka ngetik-ngetik. Muhtar minta dirapihin ketikannya di laptopnya. Rupanya di situ ada kiai. Saya tanya, ‘Tar siapa ini kiai-kiai?’ Muhtar sebutnya ini Bang Romi,," tuturnya. Iwan menambahkan, Romi yang dimaksud Muhtar adalah Wali Kota Palembang.

Jaksa Pulung lantas menanyakan apakah Muhtar pernah menyampaikan Romi meminta bantuan. "Tidak pernah sampaikan itu," jawab Iwan.

‎Selanjutnya, Jaksa membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) milik Iwan. Dalam BAP, Iwan menjelaskan mengenai Muhtar yang memberikan bantuan kepada Romi.

JAKARTA - Muhtar Ependy, pria yang disebut-sebut sebagai orang dekat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, memberikan bantuan kepada Wali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News