Manfaat Secangkir Cokelat Panas bagi Kesehatan

Manfaat Secangkir Cokelat Panas bagi Kesehatan
Secangkir Secangkir cokelat panas bermanfaat buat kesehatan. Foto: istimewa

jpnn.com - SIAPA yang tidak suka hot chocolate? Minuman manis dengan aroma cokelat yang lezat. Minuman sederhana ini juga dapat merubah suasana hati dengan seketika. Enak diminum selagi hangat untuk mengusir udara dingin di pagi hari.

Berbagai hidangan saat sarapan pasti akan memberikan energi lebih. Tak terkecuali dengan minuman yang jadi pendampingnya. Bila bosan dengan sajian susu dan jus, sekali-kali bisa mencoba untuk menyajikan cokelat panas. Rasanya yang manis dijamin akan disukai semua anggota keluarga.

Selain memberikan tambahan energi, cokelat yang kaya antioksidan diketahui dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Kandungan flavonoid di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah resistensi insulin untuk mencegah risiko diabetes tipe 2.

Kini sebuah penelitian menemukan manfaat lain dari cokelat panas. Para peneliti dari Columbia University Medical Centre di Amerika Serikat menemukan bahwa cokelat bisa membantu mencegah demensia dengan meningkatkan aliran darah ke suatu bagian dari otak.

Studi ini menemukan bahwa bahan utama dalam cokelat bahkan mungkin membalikkan penurunan memori yang berkaitan dengan usia pada orang tua yang sehat.

Hasil penelitian menunjukkan antioksidan dalam coklat yang disebut flavanol coklat membantu meningkatkan memori para lansia.

Peneliti meneliti apakah flavanol coklat akan meningkatkan fungsi otak dan kinerja kognitif pada 37 orang yang berusia 50 hingga 69 tahun yang diberi dosis tinggi dan rendah flavanol cokelat selama tiga bulan.

Mereka menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi dosis tinggi flavanol cokelat selama tiga bulan memori memori yang jauh lebih baik daripada mereka yang menerima dosis flavanol rendah.

SIAPA yang tidak suka hot chocolate? Minuman manis dengan aroma cokelat yang lezat. Minuman sederhana ini juga dapat merubah suasana hati dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News