Sandiaga Uno Ajak Anak Muda Kampanyekan Hemat Energi

Sandiaga Uno Ajak Anak Muda Kampanyekan Hemat Energi
Dalam rangkaian Hari Listrik Nasional (HLN) ke-69, digelar rangkaian lomba dan diskusi forum dengan Tema “Lebih Kreatif Anak Negeri, Hemat Energi”. Foto: Ist

jpnn.com - JAKARTAPelican Communications, anak usaha Idea Group, menggandeng pengusaha nasional Sandiaga Uno, para profesional, dan kalangan anak muda untuk mengampanyekan hemat energi.

Upaya yang menjadi bagian dari Gerakan Hemat Energi ini berangkat dari fakta bahwa pemborosan energi di Indonesia berada pada tingkat yang makin mengkhawatirkan.

Indikator sederhana, bisa dilihat dari pagu anggaran subsidi energi di APBN-P 2014 yang membengkak dari hanya Rp361,6 triliun, menjadi Rp 453,3 triliun, terbagi untuk subsidi BBM Rp 350,3 triliun dan listrik Rp 103 triliun.

Di antara negara lain di Asia, Indonesia termasuk paling boros mengalokasikan dana subsidi energi. Anggaran subsidi energi Indonesia 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Indonesia berada di urutan setelah Pakistan dan Bangladesh.

Menurut Data ASEAN Centre for Energy (ACE) tahun 2013, Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat pemborosan energi listrik paling tinggi saat ini. Padahal pasokan listrik di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan, intensitas pemborosan penggunaan energi di Indonesia empat kali lebih besar dibanding Jepang.

Sebagai salah satu cara mengampanyekan hemat energi sebagaimana digalakkan pemerintah, Pelican menggelar forum diskusi “Lebih Kreatif Anak Negeri, Hemat Energi” di The Only One Club & Lounge, Jakarta, Kamis (27/11).

Hadir sebagai pembicara utama pengusaha nasional Sandiaga Uno dan beberapa profesional muda yang peduli terhadap energi. Diskusi dan lomba ini masih dalam rangkaian Hari Listrik Nasional (HLN) ke-69 dengan Tema #GueHematEnergi.

“Melalui forum ini, kami mengajak masyarakat untuk bijak mengonsumsi energi, menggunakan seefektif dan seefisien mungkin. Menghemat energi bisa mulai dari hal kecil, contohnya mematikan lampu bila tidak diperlukan, memasang timer TV dan AC mematikan kendaraan ketika menunggu seperti mengisi bensin, dan lain-lain,” tutur Managing Director Pelican Communications Kiki Anjani Prasetya.

JAKARTA -  Pelican Communications, anak usaha Idea Group, menggandeng pengusaha nasional Sandiaga Uno, para profesional, dan kalangan anak muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News