Tentara Bakal Ikut Jaga Penjara

Tentara Bakal Ikut Jaga Penjara
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kanan) beraudiensi dengan Dirjen Pemasyarakatan Handoyo Suderajad, di Ruang Hening Gedung Sudirman Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (27/11). Foto: Dispenum Puspen TNI for JPNN.

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko menyambut baik rencana kerjasama TNI dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Pada prinsipnya, selama itu untuk kepentingan dan keamanan negara, saya akan mendukung dengan catatan harus ada payung hukum. Makanya nantinya akan dibuat semacam MoU”, kata Panglima TNI, saat menerima audiensi Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Handoyo Suderajad, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (27/11).

Apalagi lanjut Moeldoko, Dirjen Pemasyaratan menyatakan bahwa di Lapas minim sumber daya manusia untuk menjaga seluruh Lapas di Indonesia dan merasa perlu membahas rencana kerjasama antara TNI dan Lapas.

Di tempat yang sama, Handoyo Suderajad menyatakan Lapas idealnya dijaga oleh orang-orang terlatih dan berdisiplin tinggi.

“Penjaga Lapas nantinya diharapkan berasal dari orang-orang terlatih yang mempunyai disiplin tinggi dan itu hanya dimiliki oleh prajurit TNI,” ujar Handoyo Suderajad.

Untuk itu lanjutnya, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham nantinya membangun kerjasama dengan TNI.

"Kerjasama itu diperlukan tidak hanya dalam bidang keamanan penjagaan Lapas namun juga pada bidang pendidikan dan pembinaan mental," jelasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko menyambut baik rencana kerjasama TNI dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kementerian Hukum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News