Bentrok Antarkampung di Lamteng, Dua Kubu Sepakat Berdamai

Bentrok Antarkampung di Lamteng, Dua Kubu Sepakat Berdamai
Bentrok Antarkampung di Lamteng, Dua Kubu Sepakat Berdamai. Foto Radar Lampung/JPNN.com

jpnn.com - ANAKTUHA – Bentrok warga Dusun I dan II, Kampung Tanjungharapan, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah (Lamteng), berakhir damai. Dua kubu sepakat melakukan perdamaian dengan difasilitasi Pemkab setempat dan TNI-Polri, Jumat (28/11).

Radar Lampung (Grup JPNN.com), Sabtu (29/11) melaporkan, kesepakatan damai dituangkan dalam naskah perjanjian yang ditandatangani di SDN 1 Anaktuha. Penandatanganan dilakukan di hadapan Bupati Lamteng A. Pairin dan Wakil Bupati Mustafa, Danrem 043/Garuda Hitam Kolonel Arm. Winarto, Kapolres Lamteng AKBP Kunto Prasetyo, Asisten I Pemprov Lampung Tauhidi, serta perwakilan kedua dusun.

Dalam naskah itu tercantum tiga butir kesepakatan. Yaitu tidak akan ada lagi aksi saling serang antar kedua dusun. Selain itu terkait dua warga Dusun I yang hilang dan para pelaku perusakan, secepatnya dilakukan pendalaman melalui penyelidikan dan penyidikan oleh aparat kepolisian. Poin terakhir, segala kerusakan material dalam peristiwa tersebut semampunya ditanggung Pemkab Lamteng.

Bupati Lamteng A. Pairin usai mediasi berharap dengan kesepakatan itu tidak ada lagi kejadian serupa. ’’Semua sudah sepakat berdamai dan bersaudara,” ujarnya.

Pairin mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membuat dapur umum, sekaligus mengamankan dan menjaminkan keselamatan para pengungsi dari kedua dusun.

Kapolres Lamteng AKBP Kunto Prasetyo menambahkan, setelah kesepakatan damai dilakukan, pihaknya akan berupaya menjaga situasi tetap kondusif. Ia berharap kejadian ini tak terulang, khususnya di tempat-tempat lain.     

’’Meski sudah berdamai, kami sebagai pengayom masyarakat terus melakukan antisipasi di lokasi dan memonitor sampai wilayah benar-benar aman dan kondusif,” ujarnya di hadapan awak media.

Untuk itu, lanjut Kunto, sekitar 1.500 personel gabungan Korem 043/Gatam, marinir, Polda Lampung, dan Polres Lamteng tetap disiagakan sampai situasi benar-benar kondusif.

ANAKTUHA – Bentrok warga Dusun I dan II, Kampung Tanjungharapan, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah (Lamteng), berakhir damai. Dua kubu sepakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News