Ingatkan Bawaslu Segera Siapkan Pengawas TPS Pilkada

Ingatkan Bawaslu Segera Siapkan Pengawas TPS Pilkada
Ingatkan Bawaslu Segera Siapkan Pengawas TPS Pilkada

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pengawas Pemilu (KIPP), Jojo Rohi menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perlu secepatnya bekerja lebih keras guna menyiapkan seorang pengawas pemilu di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Menurutnya, hal itu penting dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada tahun 2015.

"Dalam perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, red) ada klausul setiap TPS ada pengawasnya. Persoalannya adalah bagaimana Bawaslu bisa sediakan SDM-nya," kata Jojo dalam diskusi tentang evaluasi pengawasan pemilu yang digelar di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Minggu (30/11).

Jojo menuturkan, untuk memenuhi kebutuhan itu sebenarnya Bawaslu bisa saja mengangkat para relawan pengawas yang selama ini tergabung dalam kelompok kerja nasional sejuta relawan pengawas pemilu. Persoalannya, kalau hal tersebut dilakukan maka peran masyarakat akan sangat berkurang.

Padahal, dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada perlu pelibatan seluas-luasnya anggota masyarakat. "Ini juga ada kekurangan. Ketika sudah dinegarakan, bagaimana partisipasi masyarakatnya. Jadi perlu disiapkan secara matang. Agar benar-benar membawa manfaat," katanya.

Karenanya Jojo juga menyarankan Bawaslu untuk segera mengelola kembali data tentang pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu 2014, terutama pada pelaksanaan pemilihan presiden. Pasalnya, dari temuan KIPP terlihat bahwa pola pelanggaran pemilu dan pelakunya cenderung sama. 

“Jadi data pada pelaksanaan pilpres bisa jadi rujukan. Agar bisa merumuskan skala prioritas dan menentukan fokus pengawasan. Ini bagian dari strategi pengawasan," katanya.(gir/jpnn)


JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pengawas Pemilu (KIPP), Jojo Rohi menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perlu secepatnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News