Target Beroperasi 2019, BUMN Bangun Tol Bakauheni-Palembang 373,4 Km

Target Beroperasi 2019, BUMN Bangun Tol Bakauheni-Palembang 373,4 Km
Target Beroperasi 2019, BUMN Bangun Tol Bakauheni-Palembang 373,4 Km

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah merancang pembangunan jalan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Palembang sepanjang 373,4 kilometer. Jalan tol ini akan terhubung langsung dengan Pelabuhan Bakauheni dan kawasan terpadu di sekitarnya.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya telah membentuk tim teknis bersama PT Jasa Marga, PT Hutama Karya, dan PT ASDP Indonesia Ferry. Tim teknis ini yang bertugas melakukan kajian sebelum rencana pembangunan jalan tol tersebut direalisasikan.

Jasa Marga adalah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang pengelolaan jalan tol. PT Hutama Karya adalah BUMN yang diberi mandat oleh pemerintah untuk membangun empat ruas jalan tol Trans-Sumatera, yaitu Medan-Binjai, Riau-Dumai, Palembang-Indralaya, dan Bakauheuni-Terbanggi Besar.

Rencananya, empat ruas tol sebagai tahap awal pembangunan Trans-Sumatera tersebut akan mulai dikerjakan tahun ini.

”Empat ruas tol itu akan tetap berjalan sesuai rencana. Sedangkan jalan tol ruas Bakauheni-Palembang yang sedang kita rencanakan ini sebagai kelanjutannya. Kan total panjang tol Trans-Sumatera sekitar 2.000 kilometer,” kata Basuki di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin (1/12).

ASDP akan dilibatkan dalam tim teknis pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Palembang karena infrastruktur tersebut akan dihubungkan dengan Pelabuhan Bakauheni dan kawasan terpadu. ASDP yang sedang merancang konsep pembangunan kawasan terpadu di sekitar pelabuhan Bakauheni dan Lampung, sesuai visi tol laut dari Presiden Joko Widodo.

Basuki menjelaskan, tol Bakauheni-Palembang ini akan terdiri atas enam ruas tol. Yaitu Bakauheni-Babatan sepanjang 53,9 kilometer, Babatan Tegineneng (51,1 km), Tegineneng-Terbanggi Besar (35,4 km), Terbanggi Besar-Pematang Panggang (100 km), Pematang Panggang-Indralaya (111 km), dan Palembang-Indralaya (22 km).

JAKARTA – Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah merancang pembangunan jalan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Palembang sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News