Belajar Bahasa Indonesia, Dubes Swiss Pilih di Jogja

Belajar Bahasa Indonesia, Dubes Swiss Pilih di Jogja
Duta Besar Swiss untuk Indonesia Yvone Bauman (kanan) saat bertemu Gubernur DIJ HB X di Kepatihan, kemarin. Foto: Setiaky A Kusuma/Radar Jogja/JPNN KUSUMA/RADAR JOGJA

jpnn.com - JOGJA – Baru dua bulan bertugas sebagai Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Yvone Bauman akan tinggal selama dua minggu di Jogja. Ia mengaku akan belajar bahasa Indonesia selama di kota ini. Bukan tanpa alasan Yvone memilih Jogja sebagai tujuannya untuk belajar.

”Jogja merupakan ibu kota kebudayaan. Di sini saya akan belajar bahasa dan kebudayaan,” ujar Yvone saat melakukan kunjungan dengan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti (HS) di Balai Kota Timoho, Jogja, kemarin (5/12).

Yvone yang didampingi warga Swiss yang sudah tinggal di Jogja Henri Ulrich Meili mengatakan, aksen bahasa Indonesia di Jogja dianggapnya lebih baik dibandingkan aksen Jakarta. Yvone mengaku juga akan mencoba belajar bahasa Jawa.

Selain itu, keberadaan sekolah dan universitas ternama di Jogja, juga menjadi alasannya belajar bahasa dan kebudayaan Indo-nesia di Jogja. Yvone yang sebelumnya bertugas sebagai Duta Besar Swiss di Chili ini juga belum bisa menjanjikan kerja sama dengan Pemkot Jogja.

Selain baru dua bulan bertugas di Indonesia, ia juga masih akan mempelajari berbagai hal tentang Jogja. Meskipun begitu, diakuinya Jogja sebagai kota tujuan wisata dan budaya memiliki potensi utnuk dikembangkan.

”Untuk kerja sama dengan Jogja, saya belum bisa menjanjikan, tapi selama ini pemerintah Swiss dan Indonesia sudah memiliki prioritas kerja sama bidang ekonomi,” tuturnya.

Sebelumnya, menurut Yvone, pemerintah Swiss selama ini sudah melakukan kerja sama pengembangan dan promosi pariwisata di Pulau Flores. Di antaranya pelatihan kepada pemandu wisata serta pembangunan homestay.

HS sendiri sempat menggoda Yvone dengan meminta setelah dua minggu berlatih bahasa Indonesia di Jogja kembali ke Balai Kota untuk dites.

JOGJA – Baru dua bulan bertugas sebagai Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Yvone Bauman akan tinggal selama dua minggu di Jogja. Ia mengaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News