Warga Bitung Mulai Ogah Pakai Kondom

Warga Bitung Mulai Ogah Pakai Kondom
Warga Bitung Mulai Ogah Pakai Kondom

jpnn.com - BITUNG - Animo masyarakat menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi mulai tergerus. Stok kondom tahun 2014 ini, sebanyak 242 lusin atau 2.904 buah belum tersalur dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) Bitung, ke 27 klinik pelayanan Keluarga Berencana (KB).

Total kondom yang tersedia di BKKBD berjumlah 484 lusin pada tahun ini. "Kebanyakan masyarakat lebih menyukai alat kontrasepsi jangka menengah dan jangka panjang, seperti KB suntik dan implan," ucap Kasubid Pelayanan KB BKKB Hani Mokodompit SSos MAP kepada Manado Post (Grup JPNN), Kamis (11/12).

Mokodompit menjelaskan, kondom yang tersisa itu akan tersalur apabila ada permintaan dari klinik KB. Jika tidak, menurutnya, akan dijadikan stok pada 2015 mendatang.

Tahun ini menurut Mokodompit, keluarga yang tercatat menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi sebanyak 1.468 pemakai.

"Angka itu tak mencapai setengah dari pengguna implan yaitu 4.963. Sementara alat kontrasepsi dengan pemakai terbanyak pada 2014 ini adalah KB suntik berjumlah 19.944, menyusul KB jenis pil di angka 13.732 pemakai," rincinya. (gre/har)


BITUNG - Animo masyarakat menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi mulai tergerus. Stok kondom tahun 2014 ini, sebanyak 242 lusin atau 2.904 buah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News